Gagal Bawa Poin Maksimal dari Bahrain dan China, PSSI Akan Evaluasi Shin Tae-yong

Gagal Bawa Poin Maksimal dari Bahrain dan China, PSSI Akan Evaluasi Shin Tae-yong

Olahraga | tuban.inews.id | Jum'at, 18 Oktober 2024 - 08:10
share

JAKARTA, iNewsTuban.id – PSSI bakal mengevaluasi Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) usai gagal membawa poin maksimal dari dua laga kandang kontra Bahrain dan China. 

 

Tim Garuda pulang hanya membawa pulang satu poin dalam dua laga away pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia itu. Pasukan STY ditahan Timnas Bahrain 2-2, dan kalah 1-2 dari Timnas China.  

 

Jelas, itu tak sesuai target enam poin yang dicanangkan PSSI dari dua laga tandang tersebut. Padahal, Timnas Indonesia sempat unggul 2-1 kontra Bahrain, sebelum disamakan 2-2 pada menit ke-90+9. Kemudian, Tim Garuda juga menguasai ball possession hingga 76 persen kontra China. 

 

Kondisi ini membuat PSSI langsung bergerak untuk menyiapkan evaluasi. Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI Arya Sinulingga mengatakan, dalam waktu dekat federasi akan melakukan evaluasi secara menyeluruh Tim Garuda. Tujuannya agar Timnas Indonesia lebih baik ke depan agar dapat lolos ke Piala Dunia 2026.

 

"Kami akan melihat taktik dan strategi. Itu semua dievaluasi. Pengoptimalan pemain yang ada harus optimal, tidak boleh enggak," ujarnya dalam wawancara One On One Sindonews TV yang akan tayang, Jumat (18/10/2024).

 

Saat ini, Timnas Indonesia masih tercecer di peringkat kelima klasemen Grup C dengan tiga poin, setara dengan China di peringkat keenam. 

 

Kans Tim Garuda menuju Piala Dunia 2026 masih terbuka karena hanya berselisih dua poin dari Australia, Arab Saudi, dan Bahrain di peringkat kedua, ketiga dan keempat. Sementara puncak klasemen masih dikuasai Jepang dengan sepuluh poin.

 

Selanjutnya, pasukan STY akan melanjutkan kampanyenya dengan melakoni dua laga kandang menjamu Jepang dan Arab Saudi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada 15 dan 19 November mendatang. 

Topik Menarik