Roberto Mancini Terancam Dipecat, Arab Saudi Hadapi Timnas Indonesia dengan Pelatih Baru?

Roberto Mancini Terancam Dipecat, Arab Saudi Hadapi Timnas Indonesia dengan Pelatih Baru?

Olahraga | inews | Senin, 21 Oktober 2024 - 19:10
share

JEDDAH, iNews.id – Pelatih Timnas Arab Saudi dikabarkan terancam dipecat. Dia dinilai gagal mengangkat performa tim berjuluk The Green Falcons itu. 

Beberapa sumber di Italia mengklaim, Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) akan memecat mantan Manchester City dan Inter Milan itu. Arsitek yang membawa Italia juara Euro 2020 itu diperkirakan akan dibebastugaskan dari jabatannya pekan ini. 

Koran-koran olahraga Italia, termasuk La Gazzetta dello Sport, mengklaim SAFF telah membuat keputusan tersebut. Kini, SAFF masih menunggu persetujuan dari raja Arab Saudi. 

Mancini menjadi pelatih termahal dunia setelah menerima jabatan sebagai pelatih Timnas Arab Saudi pada 2023. Sang pelatih diperkenalkan SAFF sepekan setelah dia mundur dari posisinya sebagai pelatih Timnas Italia. 

Namun, di tangan Mancini, Arab Saudi tampil kurang bergairah. The Green Falcons hanya memenangkan tujuh pertandingan dari 18 pertandingan, seri lima kali, dan kalah enam kali.

Mancini terlibat perdebatan dengan para suporter di tribune setelah hasil imbang pasukannya 0-0 melawan Bahrain pada putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, pekan lalu. Insiden tersebut membuat SAFF murka.

Menurut Gazzetta, SAFF telah menghubungi dua calon pengganti Mancini. Mereka adalah Ramon Diaz, dan mantan pelatih Timnas Arab Saudi di Piala Dunia 2022, Herve Renard.

Saat ini, Arab Saudi berada di peringkat ketiga klasemen sementara Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasukan Mancini hanya mengepak lima poin, tertinggal lima angka dari Jepang yang ada di puncak. 

Arab Saudi memiliki poin sama dengan Australia di peringkat kedua, dan Bahrain di peringkat ketiga. Di peringkat kelima dan keenam ada Indonesia dan China yang sama-sama mengantongi tiga poin. 

Selanjutnya, Arab Saudi akan melakoni dua laga tandang. Mereka akan mengunjungi Australia pada 14 November 2024. Kemudian, mereka akan bertamu ke Indonesia pada 19 November 2024. Bisa jadi, The Green Falcons akan ditangani pelatih baru pada dua pertandingan tersebut. 

Topik Menarik