Mees Hilgers dan Eliano Ucap Sumpah dan Janji Setia untuk Indonesia, Erick Thohir Ungkap Hal Ini

Mees Hilgers dan Eliano Ucap Sumpah dan Janji Setia untuk Indonesia, Erick Thohir Ungkap Hal Ini

Berita Utama | palembang.inews.id | Senin, 30 September 2024 - 00:45
share

JAKARTA, iNewspalembang.id – Dua pemain naturalisasi, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia, dari Brussel, Belgia, Senin (30/9/2024).

Pengambilan sumpah setia pewarganegaraan Mees dan Eliano tersebut, dihadiri wakil Kemenkumham, Dirjen AHU (Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum) Cahyo Rahadian Muzhar, yang disaksikan Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi, serta anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga.

Terkait hal itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengapresiasi usaha semua pihak, mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi), DPR RI, jajaran Kemenkumham, dan Kementerian Dalam Negeri.

“Percepatan pengurusan WNI kepada Mees dan Eliano di luar negeri bukan hal yang spesial, namun lebih pada fleksibilitas mengingat waktu dan kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia,” ujar dia, Senin (30/9/2024).

Erick mengatakan, mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu, bila pengambilan sumpah harus di Indonesia.

“Sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan Cina, Oktober nanti. Ini kerjasama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia,” kata dia.

Erick mengungkapkan, sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat timnas di dua laga tandang yang sangat krusial melawan tim Bahrain dan Cina.

“Saya optimistis, coach Shin punya strategi dan

game plan baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing," ungkap dia.

Sesuai jadwal, Skuad Garuda sudah dijadwalkan melakoni laga tandang kontra Bahrain pada Kamis, 10 Oktober dan Cina pada 15 Oktober 2024.

Eliano Reijnders sendiri saat ini bermain di klub liga Belanda Eredivisie, PEC Zwolle, sebagai pemain tengah. Eliano merupakan adik kandung dari gelandang klub AC Milan dan Timnas Belanda, Tijjani Reinjders. Pemain berusia 23 tahun itu berdarah Indonesia karena sang ibu, Angelina Syane Lekatompessy bersuku Ambon dan lahir di Jakarta.

Sementara Mees Hilgers, juga berusia 23 tahun memiliki darah Indonesia melalui sang Ibu, Linda Tombeng yang berasal dari Sulawesi Utara. Mees kini menjadi pemain belakang utama FC Twente yang pekan lalu sukses menahan, 1-1, klub raksasa liga Inggris, Manchester United di ajang Europa League.

Topik Menarik