Jenazah Prajurit TNI yang Gugur Ditembak OPM Dimakamkan di TMP Purbosaroyo Purbalingga

Jenazah Prajurit TNI yang Gugur Ditembak OPM Dimakamkan di TMP Purbosaroyo Purbalingga

Berita Utama | pemalang.inews.id | Senin, 7 Oktober 2024 - 04:30
share

PURBALINGGA, iNewsPemalang.id - Kabar duka datang dari TNI, satu lagi prajurit TNI gugur dalam kontak senjata dengan Organisasi Papua Merdeka (OPM) atau dikenal Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua Tengah. 

Korban yakni Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan asal Desa Patemon, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga. 

Almarhum dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Purbosaroyo, Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (5/10/2024) malam bertepatan dengan HUT ke-79 TNI.

Jenazah Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan tiba di rumah duka di Desa Patemon, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga pada Sabtu sore. Dia gugur setelah diserang oleh OPM di Timika, Papua dengan luka tembak di dada sebelah kiri. 

"Telah gugur pada hari Jumat 4 Oktober 2024 di medan tugas, lokasi Papua karena luka tembak," kata Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun di TMP Purbosaroyo.

Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan merupakan prajurit TNI dari kesatuan Yonif Kostrad 411 Pandawa. 

Insiden penembakan terjadi saat korban bersama sejumlah personel TNI lainnya sedang melaksanakan patroli pada Jumat (4/10/2024) siang. 

Tiba di lokasi kejadian, tepatnya di wilayah Paro atas arah Mapenduma, Kabupaten Timika, Papua Tengah, prajurit TNI diserang oleh OPM. Terjadi kontak senjata antara prajurit TNI dan OPM yang mengakibatkan Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan tertembak di bagian dada kiri. 

 

Korban lalu dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Timika, dan sempat mendapatkan penanganan medis, namun akhirnya meninggal dunia.

Jenazah Sertu Anumerta Muhammad Bagus Heriawan dimakamkan secara militer yang dipimpin langsung oleh Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigjen TNI Primadi Saiful Sulun.

Topik Menarik