Banjir Rendam Sejumlah Jalan, DPRD Minta Pemkot Bogor Evaluasi Sistem Drainase

Banjir Rendam Sejumlah Jalan, DPRD Minta Pemkot Bogor Evaluasi Sistem Drainase

Berita Utama | sindonews | Senin, 7 Oktober 2024 - 04:05
share

Banjir yang terjadi di Underpass Jalan Sholeh Iskandar, Sabtu (5/10/2024), mendapatkan sorotan dari Wakil Ketua I DPRD Kota Bogor M Rusli Prihatevy. Kejadian itu harus menjadi bahan evaluasi bagi Pemkot Bogor untuk memperbaiki sistem drainase.

“Kami dari DPRD Kota Bogor akan meminta Pemkot Bogor baik melalui PUPR ataupun Bapperida untuk melakukan kajian yang mengevaluasi sistem drainase di Kota Bogor,” kata Rusli, Minggu (6/10/2024). Baca juga:HUT ke-79 TNI di Kota Bogor, Rusli Prihatevy Harapkan Sinergitas Antarlembaga

Meski Jalan Sholeh Iskandar berada di bawah naungan Pemerintah Pusat, Rusli meminta Pemkot Bogor jemput bola dengan membuat kajian terlebih dahulu. Nantinya hasil kajian tersebut disampaikan kepada Kementerian PUPR dan provinsi.

Dengan demikian perbaikan sistem drainse bisa berjalan dengan simultan. ”Antara jalan yang dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan Pemkot Bogor,” ujarnya.

Dari laporan yang ia terima, banjir melanda hampir di seluruh jalan ada di Kota bogor. Hal tersebut menyebabkan jalanan di Kota Bogor hampir lumpuh total selama lebih dari 3 jam.

Rusli tidak ingin harus ada korban jiwa lagi yang jatuh karena buruknya sistem drainase di Kota Bogor. “Jangan sampai ada korban jiwa lagi intinya. Beberapa tahun lalu sudah ada korban, itu harusnya jadi bahan evaluasi. Jadi Pemkot harus jemput bola dan mengantar bolanya ke pusat dan provinsi,” tegasnya.

Ia pun meminta Dinas PUPR Kota Bogor bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup. Mereka harus melakukan pengecekan drainase di Kota Bogor apakah terjadi sumbatan akibat penumpukan sampah.

“Pembahasan evaluasi dan monitoring akan dilakukan lebih detail di Komisi III DPRD Kota Bogor. Ini akan menjadi fokus utama kita dalam beberapa waktu mendatang karena berdasarkan informasi dari BMKG curah hujan tinggi akan terus terjadi sampai akhir tahun,” tuturnya. Baca juga:Dinas SDA DKI Evaluasi Seluruh Pembangunan Sumur Resapan di Jakarta

Untuk diketahui, penanganan banjir di Underpass Jalan Sholeh Iskandar dilakukan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Mereka menggunakan mesin penyedot air pada Sabtu (5/10/2024) malam.

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan DPKP Kota Bogor M Ade Nugraha menyebutkan kondisi ini baru pertama kali terjadi. Diperkirakan banjir terjadi akibat sistem drainase yang kurang baik.

Topik Menarik