Operasi Zebra Marano 2024 Dimulai, Fokus Pada 7 Pelanggaran Utama Lalu Lintas di Sulawesi Barat

Operasi Zebra Marano 2024 Dimulai, Fokus Pada 7 Pelanggaran Utama Lalu Lintas di Sulawesi Barat

Terkini | polman.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 18:30
share

POLEWALI MANDAR, iNewsPolman.id – Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sulawesi Barat akan secara resmi menggelar Operasi Zebra Marano 2024 mulai besok, 14 Oktober 2024, selama 14 hari ke depan. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas dan menekan angka kecelakaan yang masih tinggi di wilayah Sulawesi Barat. Minggu (13/10/24)

Dalam Operasi Zebra tahun ini, Ditlantas Polda Sulbar akan menargetkan tujuh pelanggaran utama yang menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Ketujuh pelanggaran tersebut meliputi:

  1. Pengendara di bawah umur.
  2. Penggunaan telepon genggam saat berkendara.
  3. Melawan arus lalu lintas.
  4. Melebihi batas kecepatan.
  5. Berkendara di bawah pengaruh alkohol.
  6. Kendaraan yang melebihi muatan dan dimensi (overloading dan over-dimension).
  7. Tidak menggunakan sabuk pengaman.

Direktur Lalu Lintas Polda Sulawesi Barat, Kombes Pol Valentinus Virasandy Asmoro, menjelaskan bahwa pelaksanaan operasi ini menjadi langkah preventif untuk menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih aman dan tertib di wilayah Sulawesi Barat.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Marano 2024 dengan selalu mematuhi aturan lalu lintas, tidak hanya selama operasi berlangsung, tetapi juga dalam aktivitas berkendara sehari-hari,” ujar Kombes Valentinus.

Ia juga menegaskan bahwa keselamatan di jalan bukan hanya demi menghindari sanksi hukum, tetapi juga demi menjaga keselamatan diri dan orang lain.

Selain penegakan hukum, Ditlantas Polda Sulbar juga akan mengedepankan pendekatan preventif melalui sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat.

Petugas akan memberikan teguran dan tindakan tegas kepada para pelanggar yang melakukan pelanggaran berisiko tinggi terhadap keselamatan berkendara.

Valentinus menekankan bahwa penegakan hukum dalam operasi ini akan dilakukan secara humanis, dengan harapan masyarakat lebih memahami pentingnya keselamatan di jalan raya.

"Penegakan hukum yang kami lakukan bertujuan memberikan edukasi, bukan semata-mata hukuman, agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya keselamatan di jalan,” imbuhnya.

Melalui Operasi Zebra Marano 2024, Ditlantas Polda Sulbar berharap dapat menciptakan kondisi lalu lintas yang lebih tertib serta menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Kesadaran masyarakat untuk berkendara dengan aman diharapkan meningkat, sejalan dengan upaya ini.

"Ayo menjadi pelopor keselamatan, hentikan pelanggaran, cegah kecelakaan, keselamatan adalah prioritas untuk kemanusiaan," tutup Kombes Pol Valentinus.

Sumber: Humas Polda Sulbar.

Topik Menarik