NGOBENG Bareng HUDANG

NGOBENG Bareng HUDANG

Terkini | pangandaran.inews.id | Minggu, 13 Oktober 2024 - 17:20
share

PANGANDARAN, iNewsPangandaran.id - Ribuan warga tumplek ruah mengikuti perlombaan Ngobeng Balong atau Ngecak Balong yang di prakarsai oleh Lingsanggeni dan didukung tim pasangan calon Haji Ujang Endin – Dadang Solihat (HUDANG), dengan tujuan menghibur warga dan mempererat hubungan masyarakat.

Tradisi Ngobeng Balong ini diselenggarakan di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, pada Minggu (13/10/2024), menjadi ajang yang sangat diminati oleh warga.

Acara ini merupakan kegiatan menangkap ikan secara massal di kolam, yang menggabungkan unsur hiburan, kebersamaan, dan interaksi dengan alam.

Warga dari berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga orang tua, turut berpartisipasi dengan semangat dalam menangkap berbagai jenis ikan seperti ikan mujaer, gurame, gabus, dan koi.

Peserta yang berhasil menangkap ikan berukuran besar mendapatkan hadiah, dengan ikan koi yang disediakan sebagai door prize tambahan.

 

Salah satu peserta, Danang Krisbiana, menjadi juara pertama setelah berhasil menangkap ikan gurame seberat 3 kilogram. Ia mengungkapkan kegembiraannya meskipun menangkap ikan hanya dengan tangan kosong di tengah ramainya peserta.

"Alhamdulillah dapat juara ke satu dengan mendapatkan ikan gurame dengan ukuran besar, dengan bobot kurang lebih 3 Kilogram," ujarnya.

Menurutnya, sangat seru selain ikannya banyak, untuk pesertanya pun sangat membludak.

"Pokoknya seru, mantap meskipun cukup kesulitan karena banyaknya peserta juga menangkap ikannya hanya dengan menggunakan tangan kosong tanpa alat," ungkapnya.

Di lokasi yang sama sebagai Tokoh Masyarakat Pangandaran, menurut Jaka Purnama atau yang akrab dipanggil Abang Sentot, tradisi ngobeng balong ini telah menjadi budaya di Desa Ciganjeng.

"Hampir 70 persen warga di sini senang dengan tradisi ngobeng, makanya kami tim dari Haji Ujang Endin - Dadang Solihat (HUDANG) bersama panitia melaksanakan kegiatan yang banyak di gemari masyarakat yaitu ngobeng bareng," ujarnya.

Yang tujuannya, kata Sentot, untuk menghibur semua warga yang sudah terbiasa melaksanakan ngobeng di Sungai, Balong ataupun Sawah.

"Di Balong ini, kita sama-sama hiburan bareng bersama HUDANG," katanya.

Dengan adanya budaya ngobeng ini, kurang lebih ada sekitar 1500 hingga 2000 orang berkumpul di Balong tersebut.

"Alhamdulillah, antusias warga sangat luar biasa," ucap Sentot.

"Kami tim dari pasangan calon Haji Ujang Endin - Dadang Solihat (Hudang) berharap dengan melaksanakan acara Ngobeng ini, akan lebih dekat dengan masyakarat," harapnya.

Lanjut Sentot, yang intinya ingin menghibur, dan membuat masyarakat senang khususnya untuk di wilayah Desa Ciganjeng umumnya kabupaten Pangandaran, dan mudah mudahan dengan bersama sama satu tujuan, satu misi satu visi untuk Pangandaran lebih baik kedepan.

"Karena dengan Pasangan calon yang kami dukung ini orang yang sudah pernah memimpin Pangandaran, jadi tau situasi juga kondisi pangandaran, kami sangat yakin pasangan Hudang akan bisa membawa Kabupaten Pangandaran kedepan menjadi lebih baik," Pungkasnya. 

Topik Menarik