Tempat Wisata di Banyumas Rasa New Zealand, Berhawa Sejuk dengan Ratusan Domba

Tempat Wisata di Banyumas Rasa New Zealand, Berhawa Sejuk dengan Ratusan Domba

Gaya Hidup | purwokerto.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 17:50
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Tempat wisata di Banyumas serasa di New Zealand dapat Anda temukan saat berkunjung di Purwokerto. Apalagi suasana sejuk wisata eksotis ini tepat berada di bawah kaki Gunung Slamet.

Tempat wisata yang dimaksud adalah Manggala Ranch Cilongok. Lokasi ini merupakan salah satu tujuan wisata yang terkenal di Banyumas, Jawa Tengah. Manggala Ranch menawarkan pemandangan perbukitan yang menawan, disertai dengan padang rumput hijau yang menyerupai lanskap di New Zealand. Perbukitan ini juga dikenal dengan sebutan Bukit Teletubies.


Manggala Ranch, destinasi wisata alam di Banyumas Jawa Tengah dengan pemandangan yang sangat menawan (Foto : Elde Joyosemito/iNews.id)

 

Tempat wisata ini bahkan dikenal dengan sebutan The New Zealand of Java. Apakah Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai keindahan alam yang terdapat di Bukit Manggala Banyumas? Berikut ulasannya seperti dirangkum, Sabtu (12/10/2024).

Indahnya Bukit Manggala di Banyumas

Bukit Manggala berada di Desa Karangtengah, Cilongok, Banyumas, Jawa Tengah. Untuk mencapai Manggala Ranch, pengunjung wisata harus melewati jalan aspal yang tidak terlalu lebar, dikelilingi oleh sawah yang menghijau di kedua sisi jalan, menambah kesan alami. Selain itu, rute menuju objek wisata ini melalui beberapa turunan dan tanjakan. Saat wisatawan disambut pemandangan bukit yang hijau, itu menandakan jika Anda telah sampai di kawasan wisata Cilongok.

Daya tarik dan tiket masuk Bukit Manggala


Menggala Ranch di Cilongok. (Foto: iNewsPurwokerto)

 

Untuk menikmati keindahan alam di Bukit Manggala, Anda hanya perlu membayar sebesar Rp20.000 per orang. Di kawasan wisata ini, Anda juga dapat memberi makan hewan ternak yang ada. Keberadaan ratusan domba yang berkeliaran bebas untuk merumput menambah kesan mirip dengan New Zealand. Dikelilingi oleh bukit-bukit dan vegetasi yang hijau, serta cuaca yang sejuk, membuat banyak orang tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini. Destinasi wisata ini sangat cocok bagi orang tua yang merencanakan liburan sekolah bersama anak-anak mereka.

 

Anak-anak dapat berinteraksi secara langsung dengan memberikan makanan dan bermain bersama domba-domba yang ada. Selain domba, pengunjung juga dapat melihat kawanan sapi dan berbagai jenis unggas. Di lokasi wisata ini, terdapat juga area bermain yang terbuat dari kayu, yang sangat sesuai untuk anak-anak jika mereka merasa bosan atau lelah setelah berkeliling di peternakan.

Tips berkunjung ke wisata Manggala Ranch Cilongok

Bagi wisatawan yang berniat mengunjungi lokasi ini, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat harus dalam kondisi optimal. Hal ini penting karena untuk mencapai Manggala Ranch Cilongok, Anda akan melewati beberapa jalan menanjak dan menurun. Selanjutnya, jika Anda ingin menyaksikan domba-domba yang dilepas secara langsung, waktu yang paling ideal adalah pada hari Sabtu dan Minggu. Sementara jika Anda datang pada hari Jumat, kemungkinan besar Anda hanya akan melihat domba-domba yang berada di dalam kandang.

Demikianlah seputar liburan di Bukit Manggala Cilongok, Banyumas. Semoga informasi tempat wisata di Banyumas ini bermanfaat.

Topik Menarik