Borong 16 Medali, Banyumas Juara Umum Kejurprov Panjat Tebing KU 2024

Borong 16 Medali, Banyumas Juara Umum Kejurprov Panjat Tebing KU 2024

Olahraga | purwokerto.inews.id | Minggu, 20 Oktober 2024 - 05:50
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Tim Panjat Tebing Kabupaten Banyumas berhasil menjadi juara umum pada Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) panjat tebing kelompok umur (KU) 2024, yang berlangsung dari Selasa-Sabtu (15 -19/10) di venue panjat tebing GOR Jatidiri Semarang.

Sekretaris Umum Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Banyumas, Galih Widi Prabowo mengatakan jika pihaknya mengirimkan delapan atlet putra dan putri yang berasal dari tiga klub panjat tebing Banyumas, yaitu klub Wijayakusuma Screw Climber Purwokerto, klub Mapsa Climbing School Purwokerto dan Dynamic Sport Centre Purwokerto. Dalam kejuaraan tersebut, FPTI Kabupaten Banyumas berhasil menyabet 16 medali yang terdiri dari 6 medali emas, 4 medali perak, dan 6 medali perunggu.

"FPTI Banyumas dinyatakan sebagai juara umum setelah meraih medali emas paling banyak dari kabupaten/kota yang berpartisipasi di Kejurprov KU tingkat Provinsi Jawa Tengah, setelah meraih 16 medali yang terdiri dari 6 medali emas, 4 medali perak, dan 6 medali perunggu dari 18 nomor yang di pertandingkan dalam Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur Jawa Tengah 2024," kata Galih dalam keterangannya, Minggu (20/10/2024).

Dalam ajang Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur kali ini, menurutnya jika FPTI Kabupaten Banyumas hanya memainkan nomor Speed WR, Lead dan Boulder perorangan putra dan putri. Sedangkan untuk kategori yang dimainkan Youth B, Youth A dan Junior diikuti 25 Kabupaten/Kota dengan total peserta 142 atlit yang terdiri dari 84 atlit putra 58 atlit putri.

Ia mengungkapkan jika prestasi ini didapat setelah Banyumas absen menjadi juara umum dalam ajang Kejurprov KU sebelumnya, di mana pada Kejurprov KU tahun 2019, FPTI Banyumas berhasil sebagai Runner Up, lalu ditahun 2022 Runner Up dan pada tahun 2024 ini berhasil sebagai juara umum.

Ia mengakui jika FPTI Kabupaten Banyumas tidak menargetkan juara umum dalam Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur Jawa Tengah 2024 ini, mengingat beratnya persaingan. Apalagi dalam Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur Jawa Tengah, hampir seluruh kabupaten/kota Se-Jawa Tengah ikut menurunkan atlit-atlit terbaik mereka.

"Capaian prestasi yang sudah diraih dalam Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur kali ini berkat pembinaan prestasi yang telah dilakukan oleh FPTI Kabupaten Banyumas selama 3 tahun ke belakang. Dengan strategi yang dilakukan FPTI Kabupaten Banyumas seperti mendorong keberadaan klub Panjat Tebing di Kabupaten Banyumas sehingga pembinaan atlit panjat tebing di Kabupaten Banyumas secara kontinyu bisa berjalan regenerasinya," jelasnya.

Ia mengatakan jika hingga saat ini tercatat ada tujuh klub panjat tebing yang ada di bawah naungan FPTI Kabupaten Banyumas, dengan status 4 klub aktif dan 3 klub tidak aktif. Selain mendorong terbentuknya klub panjat tebing, FPTI Kabupaten Banyumas juga mengadakan Sirkuit Panjat Tebing Se-Kabupaten Banyumas yang diagendakan tiga kali dalam satu tahun, hal ini untuk memantau peningkatan prestasi atlit-atlit klub panjat tebing yang ada di Kabupaten Banyumas.

Meski demikian, FPTI Kabupaten Banyumas tak ingin berpuas diri sampai di sini saja, sebab ke depan masih ada kompetisi besar yang harus dihadapi, yaitu Pra-Kualifikasi Porprov di tahun 2025 dan Porprov ditahun 2026.

“Untuk itu pelatihan untuk para atlet akan terus dimaksimalkan, agar prestasi mereka terus meningkat. Apalagi Bidang Pembinaan Prestasi FPTI Kabupaten Banyumas sudah membuat program, di mana untuk program terdekat di bulan Desember akan ada seleksi atlet panjat tebing Kabupaten Banyumas untuk menghadapi ajang Pra-Kualifikasi Porprov di tahun 2025," jelasnya.

 

Raihan prestasi FPTI Kabupaten Banyumas kali ini tidak hanya berkat atlet-atlet dari klub Panjat Tebing Banyumas yang tampil bertanding dengan maksimal saat kompetisi. Namun banyak pihak yang sudah turut membantu, sehingga FPTI Banyumas mampu menjadi juara umum.

“Kami ucapkan terimakasih banyak kepada klub Panjat Tebing Banyumas, terutama yang atlitnya berangkat dalam ajang Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur Jawa Tengah dan ucapan terimakasih juga kepada orang tua atlet serta semua pihak yang telah memberikan bantuannya. Semoga ke depan kami bisa meraih prestasi yang lebih baik dari hari ini,” pungkasnya.

Berikut nama atlet FPTI Kabupaten Banyumas yang berhasil membawa pulang 16 medali dalam Kejurprov Panjat Tebing Kelompok Umur Jawa Tengah 2024 :

- Medali Emas kategori Lead Putra Youth A Icuk Wibianto

- Medali Emas kategori Boulder Putra Youth A Icuk Wibianto

- Medali Emas kategori Boulder Putri Youth A Faizah Nabilah Minnati Maula

- Medali Emas kategori Lead Putra Youth B M Raihan Pramudya Ukail

- Medali Emas kategori Boulder Putri Youth B Fanis Ahmalia Sabilla

- Medali Emas kategori Speed WR Putra Youth B M Fadhil Andrian Pura

- Medali Perak kategori Speed WR Putra Youth B M Raihan Pramudya Ukail

- Medali Perak kategori Boulder Putra Youth B M Raihan Pramudya Ukail

- Medali Perak kategori Boulder Putra Junior Aldinata Nafi Haozan

- Medali Perak kategori Lead Putri Youth B Fanis Ahmalia Sabilla

- Medali Perunggu kategori Speed WR Putri Youth B Fanis Ahmalia Sabilla

- Medali Perunggu kategori Lead Putri Youth A Faizah Nabilah Minnati Maula

- Medali Perunggu kategori Speed WR Putri Youth B Fanis Ahmalia Sabilla

- Medali Perunggu kategori Speed WR Putra Youth A Icuk Wibianto

- Medali Perunggu kategori Lead Putra Junior Aldinata Nafi Haozan

- Medali Perunggu kategori Speed WR Putra Junior Aldinata Nafi Haozan

Topik Menarik