Mengharukan, Bocah China yang Hilang 28 Tahun Silam Temukan Orang Tua Kandungnya

Mengharukan, Bocah China yang Hilang 28 Tahun Silam Temukan Orang Tua Kandungnya

Global | sindonews | Senin, 1 Juli 2024 - 14:55
share

Seorang lulusan PhD keturunan China yang diadopsi pada usia empat tahun oleh pasangan dari Belanda telah menemukan orang tua kandungnya setelah pencarian selama 12 tahun.

Pencarian tanpa henti Gouming Martens selama 12 tahun untuk menemukan asal-usulnya telah menyentuh hati banyak orang secara online.

Hampir tiga dekade lalu, Martens tersesat di stasiun kereta api saat bepergian bersama orang tuanya dari rumah mereka di provinsi Jiangsu, China timur, ke kampung halaman ibunya di provinsi Sichuan barat daya, pada usia tiga tahun pada tahun 1994.

Orang-orang yang baik hati mengirimnya ke panti asuhan dan dia diadopsi oleh pasangan Belanda, Jozef dan Maria Martens, pada tahun 1996.

Pasangan itu menamainya Gouming, diambil dari nama yang diberikan oleh panti asuhan, Gou Yongming, agar dia ingat dari mana asalnya.

Orang tua angkatnya mendukung pencarian orang tua kandungnya.

Foto/SCMP/Douyin

Pada tahun 2007, keluarga tersebut kembali ke China bersama untuk mencari petunjuk, tetapi panti asuhan tersebut telah hilang. Namun, Gouming tidak pernah menyerah dalam pencariannya.

Dia menghabiskan lima tahun mempelajari kembali bahasa Mandarin yang telah dia lupakan dan melakukan pekerjaan paruh waktu untuk membiayai tiga perjalanan ke China selama masa kuliahnya.

Dia mendaftar ke Baobeihuijia, Baby Come Home, sebuah operasi relawan yang didedikasikan untuk membantu orang menemukan keluarga yang hilang, pada tahun 2012, dan mencari orang tua kandungnya dengan bantuan relawan.

Sementara itu, dia menyelesaikan studinya di Universitas Leiden di Belanda, dan lulus dengan gelar PhD di bidang linguistik dari McGill University di Kanada.

Dia sekarang bekerja di Kanada sebagai ahli pengenalan suara artificial intelligence (AI).

Kabar baik tiba pada bulan Oktober tahun lalu, ketika para relawan memberi tahu Gouming bahwa DNA-nya cocok dengan ibu kandungnya, Wen Xurong.

Ternyata Wen dan ayah kandungnya, Gao Xianjun, tak henti-hentinya mencari anak yang mereka kenal sebagai Gao Yang.

Kisah mereka sungguh tragis.

Pada tahun 1994, Gao senior pertama kali kehilangan pandangan terhadap Wen di stasiun kereta api. Dia kemudian dikejutkan oleh sekelompok hooligan saat mencari istrinya, dan kehilangan Gao Yang.

Seorang gelandangan menipu Wen untuk pulang bersamanya, dan memaksanya untuk memiliki seorang putra bersamanya. Gelandangan itu meninggalkannya setelah dia melahirkan.

Foto/Sydney Today

Wen kembali ke kampung halamannya di Sichuan, namun menderita masalah penyakit mental. Dia kemudian menikah lagi dan memiliki seorang putri.

Gao senior berjalan jauh dari Sichuan ke provinsi Jiangsu yang berjarak 1.700 km, mengemis makanan dan mati-matian mencari Gao Yang. Dia meninggal pada tahun 2009.

Pada tahun 2017, kakak laki-laki Gao senior menghubungi Wen, dan memintanya untuk mendaftarkan DNA-nya ke polisi dan memposting informasi putranya di Baobeihuijia.

Menurut seorang sukarelawan, mustahil untuk mencocokkan DNA Gouming dan ibunya dalam database karena diperlukan data DNA kedua orang tuanya untuk membuat kecocokan.

Mereka akhirnya berhasil mencocokkan setelah para relawan dengan cermat memeriksa semua pos dan mencocokkan informasi mereka, dan mengirimkan sampel darah mereka untuk tes DNA.

Secara kebetulan yang membahagiakan, hari ketika para sukarelawan memberi tahu Gouming tentang keberhasilan pencariannya selama 12 tahun, adalah hari ulang tahunnya yang sebenarnya, 12 Oktober dalam kalender pertanian China.

Sayangnya, ibu angkat Gouming meninggal tak lama sebelum kabar baik itu sampai kepada mereka. Dia mengatakan ayah angkatnya ikut berbahagia untuknya.

Dia bertemu kembali dengan Wen dan saudara tirinya di Sichuan, China barat daya, pada bulan Februari, selama liburan Festival Musim Semi.

Wen yang menderita gangguan jiwa tampak baik-baik saja saat melihat Gouming. Dia terus memanggil nama panggilannya Yangyang, dan bertanya: “Dari mana saja kamu?”

"Saya di sini," kata Gouming.

Ayah tirinya memasakkan semua jenis hidangan kentang untuknya setelah mengetahui bahwa kentang adalah makanan pokok utama di Belanda dan Kanada.

Gouming mengunjungi makam ayahnya di Jiangsu, dan bertemu dengan paman dan bibinya. Pamannya menyerahkan kompensasi atas pembongkaran rumah ayahnya, yang telah dia simpan selama lebih dari satu dekade.

Dia juga menulis surat untuk berterima kasih kepada ayah angkatnya karena "membesarkannya sebagai talenta kelas atas yang dicita-citakan banyak orang" dan membiarkan saudara laki-lakinya beristirahat dengan tenang”.

Gouming mengatakan dia terus mencari orang tua kandungnya bukan hanya karena dirinya sendiri, tetapi juga karena mereka. “Saya tahu mereka mencari saya, menunggu saya pulang," katanya.

Dia mengatakan dia akan kembali ke China setiap tahun.

Kisah ini telah menggerakkan banyak orang secara online.

“Dia mungkin mengira orang tuanya meninggalkannya, tapi mereka tidak pernah menyerah,” kata salah pengguna internet.

“Meski awal ceritanya kurang beruntung, dia akhirnya beruntung karena keluarga kandungnya dan keluarga angkatnya penuh cinta,” sahut pengguna internet yang lain, seperti dikutip South China Morning Post, Senin (1/7/2024).

Topik Menarik