AS Lihat Terobosan Perundingan Gencatan Senjata Gaza, Bos Mata-mata Israel ke Qatar

AS Lihat Terobosan Perundingan Gencatan Senjata Gaza, Bos Mata-mata Israel ke Qatar

Global | sindonews | Jum'at, 5 Juli 2024 - 20:30
share

Amerika Serikat (AS) mengumumkan "terobosan" dalam perundingan gencatan senjata antara Hamas dan Israel.

Pernyataan itu menunjukkan keduanya hampir menemukan kesepakatan yang akan mengakhiri pertempuran di daerah kantong yang terkepung itu.

"Kami telah mencapai terobosan," ungkap seorang pejabat senior AS kepada wartawan dalam konferensi pers pada hari Kamis (4/7/2024).

Meski demikian, dia memperingatkan masih perlu waktu berhari-hari untuk menutup kesepakatan dan pekerjaan "penting" masih harus diselesaikan.

Gedung Putih mengumumkan Presiden AS Joe Biden mengadakan panggilan telepon dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu pada hari sebelumnya, di mana keduanya membahas tinjauan Israel atas tanggapan Hamas terhadap proposal gencatan senjata.

"Presiden menyambut baik keputusan Perdana Menteri untuk mengizinkan negosiatornya terlibat dengan mediator AS, Qatar, dan Mesir dalam upaya menutup kesepakatan," ungkap pernyataan Gedung Putih tentang panggilan telepon tersebut.

Pengumuman itu muncul saat kekhawatiran meningkat bahwa perang Israel di Gaza hampir melampaui batas wilayah kantong Mediterania yang terkepung itu, dengan perang habis-habisan antara Hizbullah dan Israel di depan mata.

Pada Kamis, Hizbullah mengatakan pihaknya meluncurkan lebih dari 200 roket dan pesawat nirawak ke Israel setelah salah satu komandan utamanya tewas oleh militer Israel pada Rabu.

AS bersikeras Israel siap menyetujui gencatan senjata di Gaza dan pejabat senior AS tersebut menyatakan perkembangan baru itu sebagai hasil dari Hamas yang membuat "penyesuaian signifikan" dalam tuntutannya.

Hamas mengatakan ingin memastikan kesepakatan awal untuk menukar sandera di Gaza dengan tahanan Israel mengarah pada akhir perang secara permanen dan tidak akan kembali ke Israel yang memulai kembali serangannya.

Israel telah berulang kali mengatakan tidak akan berhenti berperang sampai menghancurkan kemampuan pemerintahan dan militer Hamas.

Hantu Perang Regional

Pada tanggal 31 Mei, Biden meluncurkan proposal gencatan senjata tiga tahap yang menurutnya akan mengarah pada akhir perang secara permanen.

Salah satu poin yang diperdebatkan Hamas dan Israel adalah pada tahap kedua, ketika pertukaran semua sandera yang masih hidup, termasuk tentara pria, harus dilakukan dan semua pasukan Israel harus ditarik dari Jalur Gaza.

Biden mengatakan gencatan senjata akan terus berlanjut selama Hamas dan Israel melanjutkan negosiasi ke tahap ketiga.

Reporter Axios Barak Ravid mengatakan di X bahwa salah satu tanggapan Hamas terhadap usulan gencatan senjata baru adalah perubahan bahasa dalam Pasal 14 rancangan yang akan mengubah bahasa yang menyatakan AS, Qatar, dan Mesir akan "melakukan segala upaya" untuk melanjutkan negosiasi hingga tercapai kesepakatan pada tahap kedua kesepakatan untuk "berkomitmen".

Sebagai tanda bahwa pembicaraan penyanderaan telah mengalami kemajuan, Reuters melaporkan kepala mata-mata Israel David Barnea akan pergi ke Qatar sendiri untuk melanjutkan negosiasi.

Pembicaraan tersebut diharapkan akan terjadi pada Jumat, dan Barnea akan bertemu Perdana Menteri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman al-Thani.

Jika kesepakatan tercapai, hal itu dapat menjadi jalan keluar menuju konflik besar antara Israel dan Iran.

MEE melaporkan bulan lalu bahwa Utusan AS Amos Hochstein menyampaikan kepada Hizbullah bahwa mereka memiliki sekitar lima pekan lagi untuk mencapai gencatan senjata dengan Israel atau AS akan mendukung serangan sekutunya terhadap kelompok yang didukung Iran tersebut.

Pada Senin, Kamal Kharrazi, penasihat Pemimpin tertinggi Iran mengatakan Teheran akan "menggunakan segala cara" untuk membela Hizbullah, yang akan memicu potensi bentrokan antara Iran dan AS.

"Jika kita melakukan gencatan senjata di Gaza... Saya pikir itu akan memberikan kesempatan nyata untuk de-eskalasi dan mencapai kesepakatan yang langgeng (di Lebanon)," papar pejabat senior AS tersebut.

Pembicaraan tersebut dilakukan saat Netanyahu diperkirakan akan berpidato di hadapan sidang gabungan Kongres pada bulan Juli, sementara kekhawatiran meningkat di kalangan Partai Demokrat tentang peluang Biden terpilih kembali melawan Donald Trump.

Dukungan AS terhadap perang Israel telah memecah Partai Demokrat di antara kaum progresif yang mendukung gencatan senjata dan pendukung Israel.

Topik Menarik