Sah Jadi WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Diproyeksi Bela Timnas Indonesia vs Bahrain dan China

Sah Jadi WNI, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Diproyeksi Bela Timnas Indonesia vs Bahrain dan China

Olahraga | sindonews | Senin, 30 September 2024 - 21:27
share

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders telah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, berharap kedua pemain ini bisa bermain membela Timnas Indonesia pada dua laga lanjutan Grup C melawan Bahrain dan China.

Hilgers dan Eliano telah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Indonesia di Brussel, Belgia, Senin (30/9/2024). Selanjutnya, kedua pemain ini tinggal melakukan perpindahan federasi dan KNVB ke PSSI yang sesuai dengan aturan FIFA. Hal itu agar kedua pemain anyar ini bisa berjuang membela Timnas Indonesia.

Menurut Erick, percepatan pengurusan WNI terhadap Hilgers dan Eliano di luar negeri bukan hal yang spesial, namun lebih pada fleksibilitas mengingat waktu dan kebutuhan Timnas Indonesia jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

“Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia,” kata Erick dalam keterangannya, Senin (30/9/2024).

Seperti diketahui, Timnas Indonesia akan menjalani dua laga tandang melawan Bahrain dan China di Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Erick pun berharap proses Hilgers dan Eliano bisa segera rampung sehingga dapat membela Skuad Garuda di dua laga tersebut.

“Sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan Cina, Oktober nanti. Ini kerjasama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia,” tutur Erick.

Lebih lanjut, Erick menyampaikan dengan dukungan maksimal yang dilakukan seluruh pihak ini dapat memberikan dampak positif untuk Timnas Indonesia. Dia juga yakin dengan hadirnya Hilgers dan Eliano akan membuat Shin Tae-yong mudah dalam meracik komposisi skuad terbaiknya.

"Saya sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat timnas di dua laga tandang yang sangat krusial melawan tim Bahrain dan Cina. Saya optimistis, coach Shin akan punya strategi dan game plan baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing," terang Erick.

Timnas Indonesia akan melawan Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, pada Kamis (10/10/2024) malam WIB. Lalu setelah itu, Skuad Garuda akan bertolak melawan China di Qingdao Youth Football Stadium pada Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Skuad Garuda memiliki modal cukup bagus untuk menjalani dua laga tandang itu. Timnas Indonesia berbekal dua hasil imbang melawan dua tim raksasa Asia, yakni Arab Saudi dan Australia. Hasil itu membuat Timnas Indonesia sedang duduk di posisi empat dengan koleksi dua poin.

Topik Menarik