Digeber, Pendaftar QR Pertalite Tembus 5,5 Juta kendaraan

Digeber, Pendaftar QR Pertalite Tembus 5,5 Juta kendaraan

Terkini | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:38
share

PT Pertamina Patra Niaga mengungkapkan, per 1 Oktober 2024 jumlahkendaraan yang memiliki QR Pertalite mencapaiangka 5.515.878 kendaraan.QR Code ini melekat pada kendaraan sehingga 1 kendaraan hanya memiliki 1 QR Code sesuai dengan dokumen STNK yang dimiliki oleh setiap kendaraan.

Dalam rangka mewujudkan program pemerintah untuk penyaluran subsidi bahan bakar minyak (BBM) tepat sasaran, Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari mengatakan bahwa pihaknyaterus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pengguna Pertalite yang belum mendaftarkan kendaraannya agar mendapatkan QR code.

Baca Juga: Pembatasan BBM per 1 Oktober 2024 Batal? Begini Respons Pengguna Kendaraan

"Kami terus menggencarkan sosialisasi dan pendaftaran QR Code ini, apalagi sekarang verifikasi sudah lebiih cepat pascapemakaian AI (artificial intelligent). Bagi yang sudah punya QR Code kami ingatkan agar agar senantiasa dibawa saat melakukan pengisian, bisa dicetak di simpan di dompet atau di simpan fotonya di handphone, yang terpenting kembali kami imbau agar QR code ini dijaga kerahasiaannya untuk menghindari disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab,"ujar Heppy di Jakarta, Rabu (2/10/2024).

QR Code tersebut digunakan oleh Pertamina Patra Niaga untuk mencatat transaksi BBM penugasan secara lebih baik dan transparan mengingat adanya anggaran kompensasi yang diberikan pemerintah untuk produk Pertalite. Sebagai operator, kata Heppy, Pertamina memiliki kewajiban untuk mencatat konsumen dan volume transaksi BBM subsidi yang dimandatkan oleh BPH Migas sebagai regulator.

Baca Juga: Perbandingan Kekuatan Militer Iran vs Israel pada 2024, Siapa Lebih Kuat?

"Hingga saat ini lokasi yang difokuskan untuk program QR Pertalite ini adalah beberapa wilayah di Jawa Madura Bali atau Jamali dan beberapa wilayah di luar Jamali, yaitu Kaltim, Kalut, Malut, Kepri, Gorontalo dan NTT," jelasnya.

Heppy menambahkan, sosialisasi di berbagai daerah juga terus diperluas. Pendaftaran QR Pertalite masih terus di buka pada website https://subsiditepat.mypertamina.id dengan menyertakan kelengkapan dokumen kendaraan yaitu KTP, STNK dan foto kendaraan tampak samping yang terlihat jumlah roda dan plat nopol.

Untuk memudahkan pendaftar, lanjut Heppy, pihaknya mengimbau merekayang membutuhkan bantuan dalam mendaftar untuk mengunjungi SPBU terdekat guna mendapatkan bantuan langsung dari petugas. "Petugas di SPBU siap membantu menjelaskan dan memandu langkah-langkah pendaftaran agar masyarakat bisa mendapatkan QR code dengan lebih cepat dan tanpa hambatan,"ujarnya.

Topik Menarik