Prediksi Mark Zuckerberg: Kacamata Pintar Gantikan Smartphone pada 2030

Prediksi Mark Zuckerberg: Kacamata Pintar Gantikan Smartphone pada 2030

Terkini | sindonews | Rabu, 2 Oktober 2024 - 18:00
share

Pemilik Meta Platforms, Mark Zuckerberg memprediksi bahwa kacamata pintar akan menggantikan ponsel pada 2030.

Konglomerat teknologi multinasional Amerika Serikat ini mengumumkan prediksinya tadi saat peluncuran kacamata realitas tertambah (AR) Orion yang baru pekan lalu. Orion, jenis kacamata AR ini diklaim paling canggih dari Meta.

“Kacamata tercanggih yang pernah dilihat dunia menawarkan masa depan kacamata pintar akan menggantikan smartphone sebagai mode komunikasi utama,” kata Zuckerberg melansir Al Bawaba, Rabu (2/10/2024).

Kacamata AR Orion yang baru menghubungkan dunia fisik dan virtual, dan membantu pengguna menjadi lebih nyata di dunia virtual. “Ini adalah dunia fisik dengan hologram yang ditumpangkan di atasnya. Untuk saat ini, saya pikir cara yang tepat untuk melihat Orion adalah sebagai mesin waktu, kacamata ini luar biasa dan saya pikir akan sangat menyenangkan di masa depan,” ujar Zuckerberg.

Baca Juga: Kacamata Pintar Orion Meta, Kecanggihannya Bakal Saingi Smartphone

Selain itu, kacamata baru ini memungkinkan penggunanya memiliki pengalaman digital beragam dan memberikan tampilan visual 3D yang besar. Lantaran terbuat dari magnesium alloy dan didukung oleh silikon khusus yang dirancang oleh Meta, kacamata ringan ini cocok untuk penggunaan indoor dan outdoor. Hal ini sekaligus memungkinkan orang untuk melihat wajah, mata, dan ekspresi satu sama lain dengan jelas.

Meta menyatakan kacamata pintar barunya memiliki teknologi canggih dan tampilan holografik yang memberikan pengalaman AR yang hebat. Kacamata Orion yang baru akan mendukung perintah suara, pelacakan mata, dan tangan, dan menyediakan gelang untuk menggesek, meng-klik, dan menggulir.

Baca Juga: Kacamata Pintar Huawei Terlihat Seperti Kacamata Biasa

Zuckerberg meyakini kacamata pintar akan mengurangi kesalahan manusia, meningkatkan visualisasi data, dan melacak kesehatan pengguna.

Namun, perusahaan menghadapi tantangan signifikan seperti kenyamanan, kompatibilitas dengan kacamata lain, masa pakai baterai, dan keamanan data. Tantangan-tantangan ini harus diatasi agar kacamata pintar dapat berhasil menggantikan smartphone pada 2023 sebagaimana diantisipasi oleh Zuckerberg dan Meta.

Topik Menarik