Tak Ingin Mengulangi Kesalahan Kedua Kali, Berikut 3 Strategi Serangan Iran ke Israel

Tak Ingin Mengulangi Kesalahan Kedua Kali, Berikut 3 Strategi Serangan Iran ke Israel

Berita Utama | sindonews | Kamis, 3 Oktober 2024 - 12:59
share

Dalam tanggapan awal atas pembunuhan para komandan tingkat tingginya, gerakan perlawanan Lebanon melancarkan serangan terdalamnya ke wilayah pendudukan sejak 7 Oktober.

Gerakan tersebut meluncurkan rentetan roket Fadi-1 dan Fadi-2 yang menargetkan pangkalan udara Ramat David dan bandara militer di tenggara kota Haifa yang diduduki.

Serangan roket awal diikuti oleh dua serangan lebih intens dalam beberapa jam, yang memaksa tentara dan pemukim Israel bersembunyi di ruang aman, sebagaimana dikonfirmasi oleh media rezim.

Serangan tersebut menyusul pembunuhan Aqil dan pejabat senior Hizbullah lainnya dalam serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut. Ia adalah pemimpin Hizbullah terkemuka kedua yang menjadi sasaran dalam beberapa bulan terakhir setelah Fuad Shukr.

Serangan terhadap pangkalan udara dan bandara Ramat David, yang berhasil menghindari pertahanan udara Israel, diikuti oleh serangan berpresisi tinggi terhadap perusahaan pembuat senjata Rafael di dekat Haifa.

Dalam sebuah pernyataan, Hizbullah mengatakan operasi tersebut merupakan "reaksi awal" terhadap serangan teror pada hari Selasa dan Rabu yang menewaskan puluhan orang dan melukai ribuan orang di seluruh Lebanon.

Tak Ingin Mengulangi Kesalahan Kedua Kali, Berikut 3 Strategi Serangan Iran ke Israel

1. Menggunakan Rudal Fadi-1 dan Fadi-2

Media Lebanon mengutip sumber di lapangan yang mengatakan bahwa roket artileri Fadi-1 dan Fadi-2 digunakan dalam gelombang serangan untuk pertama kalinya sejak dimulainya perang genosida Israel di Gaza.

Kedua model tersebut merupakan roket artileri kaliber besar dan jarak jauh, jauh lebih besar dan lebih efektif daripada varian roket BM-21 Grad dari keluarga Katyusha yang menjadi bagian terbesar dari persenjataan artileri roket Hizbullah.

Mereka diluncurkan dari peluncur roket ganda (MRL), dengan platform yang dikonfigurasi dari tiga hingga enam barel, biasanya tersembunyi dan tersamar di bawah tanah atau di bunker yang dibentengi dengan baik.

Dalam kasus khusus ini, roket diluncurkan dari puluhan pangkalan bawah tanah Hizbullah di Kompleks Imad, yang menampung MRL dan personel dan, menurut sumber lapangan, "tidak terpengaruh oleh semua serangan musuh."

Fadi-1 adalah roket 220 mm dengan jangkauan 80 km, dan Fadi-2 yang lebih besar adalah roket 302 mm dengan jangkauan 105 km dan hulu ledak 150 kg.

Yang pertama memiliki kaliber yang sama dengan roket BM-27 Uragan dan TOS-1A Rusia, tetapi dengan jangkauan yang lebih besar, sedangkan yang terakhir memiliki kaliber dan jangkauan yang sama dengan roket Weishi-1 Tiongkok, Khaibar-1 Suriah, dan TRG-300 Turki.

BM-21 Katyusha adalah roket 122 mm dengan jangkauan 40 km dan secara kuantitatif merupakan bagian terbesar dari persenjataan besar Hizbullah yang berjumlah sekitar 150.000 roket.

Dengan probabilitas kesalahan melingkar (CEP) beberapa puluh meter, ketiga roket artileri tersebut tidak memiliki panduan presisi dan digunakan untuk menyerang target di area yang luas, seperti pangkalan udara Ramat David dan pabrik industri Rafael dalam kasus hari Sabtu.

Sumber lapangan Lebanon menekankan bahwa serangan ini tidak melibatkan penggunaan rudal berpemandu presisi, yang dimiliki Hizbullah, dan hanya merupakan respons awal terhadap agresi Israel.

Baca Juga: Irak Desak Liga Arab Segera Bertemu Bahas Situasi Lebanon

2. Mempelajari Target Strategis Israel

Target penting serangan balasan Hizbullah adalah Pangkalan Udara Ramat David, yang terletak 15 km di tenggara Haifa yang diduduki, pangkalan paling utara bagi jet tempur Israel.

Pangkalan udara tersebut juga menampung helikopter tempur, transportasi, penyelamatan, dan patroli maritim, pesawat nirawak pengintai dan tempur, serta sistem serangan perang elektronik.

Rekaman Hizbullah yang dirilis pada bulan Juli menunjukkan bahwa pesawat nirawak mata-matanya terbang ke pangkalan tersebut, 46 km jauhnya dari perbatasan Lebanon, dan memeriksa tata letaknya serta detail lainnya.

Pangkalan udara tersebut memiliki tiga landasan pacu, yang, bersama dengan hanggar, pelatihan, dan fasilitas lainnya, mencakup area seluas enam kilometer persegi, dan seperti pada kasus sebelumnya dan untuk alasan yang sama, saat ini belum dapat dipastikan kerusakannya secara pasti.

Pangkalan udara dan bandara militer di dekatnya digempur sedikitnya tiga kali pada hari Minggu "untuk mendukung rakyat Palestina yang teguh di Jalur Gaza," kata pernyataan Hizbullah.

Target lainnya adalah kompleks industri Rafael yang menampung pabrik-pabrik pembuatan senjata.

Seperti yang dilaporkan dengan tepat oleh situs web Press TV bulan lalu, saat mendiskusikan opsi-opsi sebelum Poros Perlawanan untuk membalas pembunuhan komandan perlawanan Ismail Haniyeh dan Fuad Shukr, salah satu target utama adalah kompleks industri Rafael di Haifa yang diduduki.

3. Menarget Zona yang Dilindungi dengan Ketat

Kompleks Sistem Pertahanan Canggih Rafael mencakup enam kilometer persegi di sepanjang pantai Mediterania di utara kota dan merupakan zona yang dilindungi secara ketat, dengan pagar dan pos jaga.

Kompleks ini terdiri dari lebih dari seratus bangunan, dari kantor dan pusat penelitian, dan gudang, hingga pabrik industri, tempat uji coba, dan instalasi militer.

Rafael adalah salah satu dari tiga perusahaan manufaktur militer terbesar rezim tersebut, yang memproduksi peralatan perlindungan sistem untuk kendaraan lapis baja, sistem militer udara Iron Dome dan David's Sling, serta berbagai jenis rudal jelajah dan rudal berpemandu.

Di sebelah utara dan timur kompleks Rafael terdapat zona industri perusahaan senjata lain, sementara hanya 50 meter ke selatan, di seberang Jerusalem Boulevard, terdapat zona pemukiman padat penduduk.

Kerusakan yang terjadi di kompleks tersebut tidak diketahui karena kerahasiaan dan lokasi yang tidak dapat diakses, serta karena kebijakan jangka panjang rezim untuk menyembunyikan dan menyensor kerusakan di area militer dan membesar-besarkan kerusakan di area pemukiman.

Dengan demikian, media rezim Israel tidak melaporkan kerusakan militer-industri di kompleks tersebut dan mengklaim bahwa roket Hizbullah secara sengaja menghantam rumah-rumah Kiryat Bialik, lingkungan pemukiman terdekat yang terletak di seberang Highway 4 di sebelah timur.

Dengan mempertimbangkan CEP roket yang dinyatakan dan lebar kompleks 1,5 kilometer, klaim rezim tentang penargetan yang disengaja terhadap area sipil sangat tidak mungkin.

Hal ini diperkuat dengan rekaman salah satu serangan dari media Israel yang ledakannya lebih mirip dengan rudal pencegat Iron Dome yang gagal meledak daripada roket dengan hulu ledak 150 kg.

Foto-foto yang mereka rilis memperlihatkan kerusakan pada rumah, mobil, dan jalan, serta sejumlah kebakaran lokal. Menurut laporan mereka, tiga orang terluka.

Topik Menarik