Lebanon Berulang Kali Terbukti Menjadi Kuburan Israel dan Kesombongan Amerika

Lebanon Berulang Kali Terbukti Menjadi Kuburan Israel dan Kesombongan Amerika

Terkini | sindonews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 18:32
share

Pada 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan serangan ke Israel selatan untuk menghancurkan status quo yang tidak dapat dipertahankan. Meskipun krisis yang telah berlangsung selama setahun penuh itu memang meletus pada hari itu, krisis itu telah terjadi selama beberapa dekade.

Respons awal Israel adalah melancarkan kampanye genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza. Didorong oleh balas dendam dan haus darah, kampanye itu dirancang tidak hanya untuk membunuh dan menghancurkan dalam skala besar, tetapi juga untuk membuat Jalur Gaza tidak layak huni.

"Genosida adalah harga yang bersedia dibayar oleh sponsor barat Israel agar Israel menjadikan Jalur Gaza sebagai contoh dan, dengan demikian, membangun kembali kekuatan pencegahannya yang hancur," tulis Mouin Rabbani dalam artikelnya berjudul "After one year of genocide, why Israel's belligerence may be its undoing" yang dilansir Middle East Eye atau MEE.

Baca juga: 5 Alasan Amerika Serikat Menjadi Sekutu Terdekat Israel

Mouin Rabbani adalah seorang peneliti dan analis yang mengkhususkan diri dalam urusan Palestina, konflik Arab-Israel, dan Timur Tengah kontemporer. Lulusan Tufts University dan Pusat Studi Arab Kontemporer Universitas Georgetown ini telah menerbitkan, menyajikan, dan mengomentari berbagai isu Timur Tengah, termasuk untuk sebagian besar media cetak, televisi, dan digital terkemuka.

Mouin Rabbani mengatakan untuk memastikan Israel dapat mengamuk di Jalur Gaza tanpa hukuman dan lolos dari segala pertanggungjawaban atas tindakannya, para sponsor dan sekutu Israel dari Barat, yang dipimpin oleh Amerika Serikat, dengan sukarela mencabik-cabik buku aturan hukum internasional dan norma serta nilai yang mendasarinya.

Setiap Israel berturut-turut menghancurkan garis merah lainnya - pemboman dan penghancuran rumah sakit, sekolah, dan pusat pengungsian, mengubah perangkat komunikasi menjadi granat tangan tanpa pandang bulu, dan membunuh serta melukai ratusan orang untuk menyelamatkan empat tawanan - dibenarkan sebagai tindakan pembelaan diri yang sah.

Dalam prosesnya, dunia telah berubah menjadi tempat yang jauh lebih berbahaya bagi kita semua di altar impunitas Israel.

Strategi yang gagal

Selama sebagian besar tahun lalu, Israel tidak hanya gagal mencapai sesuatu yang signifikan secara militer di Jalur Gaza, tetapi juga gagal mengutarakan strategi. Slogan seperti "kemenangan total" dan kompleks Churchill bukanlah pengganti visi politik.

Baca juga: Mitrovica: Amerika Sebenarnya Telah Berubah Menjadi Wakil Israel

Kini, hal ini tampaknya mulai berubah. Pembunuhan Sekretaris Jenderal Hizbullah Hassan Nasrallah oleh Israel, dan bersamanya hampir seluruh komando militer gerakan tersebut, telah memberinya keyakinan bahwa Israel dapat membubarkan koalisi yang dikenal sebagai Poros Perlawanan.

Inisiatif utamanya dalam hal ini adalah invasi ke Lebanon yang saat ini sedang berlangsung, dan di mana semua garis merah yang dilanggar di Gaza dilanggar lagi, sekali lagi tanpa ada suara dari ibu kota yang biasanya berkhotbah kepada para pesaing, musuh, dan makhluk-makhluk yang lebih rendah tentang kesucian aturan hukum, hak asasi manusia, dan prinsip-prinsip serupa.

"Tujuan akhir Israel adalah perubahan rezim di Iran, dengan asumsi yang keliru bahwa pemerintah Iran yang melepaskan diri dari konflik dengan Israel akan mengubah Palestina, dan orang-orang Arab secara umum, menjadi domba yang tidak berdaya," tambah Mouin Rabbani.

Israel tampaknya yakin bahwa jalan menuju Teheran membentang melalui pinggiran selatan Beirut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengonfirmasi hal tersebut pada tanggal 30 September ketika ia bersumpah bahwa Iran akan segera memperoleh "kebebasan" dari para pemimpin mereka.

Baca juga: Mengapa Lebanon Menjadi Sasaran Perang Israel Palestina? Simak Penjelasan Lengkapnya

Agenda Israel mengharuskannya untuk merekayasa konfrontasi militer langsung antara Washington dan Teheran, dan dalam diri Presiden AS Joe Biden, Israel mungkin telah menemukan kandidat yang selama ini menghindarinya.

Namun Lebanon telah berulang kali terbukti menjadi kuburan Israel dan kesombongan Amerika.

Baik pada tahun 1982, ketika Operasi Big Pines milik Ariel Sharon menjadi dasar bagi kemunculan Hizbullah, atau pada tahun 2006, ketika "rasa sakit kelahiran Timur Tengah baru" milik Condoleezza Rice ternyata merupakan keguguran.

Beberapa minggu mendatang akan menentukan apakah Israel dapat sekali lagi melanjutkan penyelesaian masalah Palestina secara sepihak dengan caranya sendiri, dan dengannya untuk menentukan nasib rakyat Palestina, atau apakah 7 Oktober akan tercatat dalam sejarah sebagai momen ketika proyek Zionis di Palestina mulai terurai.

Baca juga: MUI: Kesombongan dan Kekejaman Israel Harus Dibalas dengan Perang Total

Topik Menarik