Siap Hadapi Perang dengan Rusia, NATO Tambah 49 Brigade Tambahan

Siap Hadapi Perang dengan Rusia, NATO Tambah 49 Brigade Tambahan

Berita Utama | sindonews | Sabtu, 5 Oktober 2024 - 02:00
share

NATO berencana untuk membuat 49 brigade siap tempur tambahan dengan sekitar 5.000 prajurit di setiap brigade sehingga jumlah totalnya menjadi 131 unit.

Jumlah korps tempur harus diperluas dari enam menjadi 15, dan markas divisi dari 24 menjadi 38 untuk mengelola dan mendukung brigade tambahan, Persyaratan Kemampuan Minimum, yang disampaikan oleh Panglima Tertinggi Sekutu NATO di Eropa Jenderal Christopher Cavoli dan Laksamana Prancis Pierre Vandier, dibacakan, sebagaimana dikutip oleh stasiun televisi Jerman. Aliansi tersebut juga berencana untuk meningkatkan kemampuan unit antipesawat darat lima kali lipat menjadi 1.467.

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan Pasukan Moskow menyita sejumlah besar senjata dan amunisi yang dipasok NATO di benteng Donbass di Ugledar setelah mengusir pasukan Ukraina keluar dari kota itu, kata Kementerian Pertahanan di Moskow.

Ugledar, yang terletak di sektor selatan garis depan sekitar 50 km dari Donetsk di Republik Rakyat Donetsk (DPR), dibebaskan oleh pasukan Rusia awal minggu ini. Kota itu, yang telah menjadi tempat pertempuran sengit sejak Agustus 2022, dibentengi dengan kuat dan terletak di atas bukit, dengan banyak bangunan beton bertingkat tinggi di daerah itu, yang memungkinkan pengendalian tembakan di medan sekitarnya.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu, kementerian itu mengatakan pasukan Rusia mengambil alih kota itu setelah melakukan manuver penjepit. Para pejabat mengatakan, mengutip pasukan garis depan, bahwa Ukraina "melawan sampai akhir," bersembunyi di ranjau dan ruang bawah tanah dari rentetan artileri. Namun, karena menghadapi pengepungan yang tak terelakkan, mereka meninggalkan kota itu, dan lebih dari 40 tentara Ukraina menyerah.

Baca Juga: AS Tuding Iran Mulai Operasi Serangan ke Komunitas Yahudi di Seluruh Dunia

Kementerian tersebut menambahkan bahwa pasukan Rusia merebut "sejumlah besar rampasan" di kota yang dibebaskan itu, termasuk amunisi dan senjata standar NATO yang ditinggalkan: mortir senyap buatan Polandia, peluncur granat otomatis buatan Turki dan Amerika, senjata ringan, dan peralatan lainnya.

Ugledar direbut saat Rusia melanjutkan operasi ofensif di Donbass setelah menguasai puluhan kota dalam beberapa bulan terakhir. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Sabtu bahwa pasukannya membebaskan desa Zhelannoye-2, sekitar 25 km sebelah barat Donetsk dan tidak jauh dari Zhelannoye-1, yang direbut pada akhir Agustus.

Topik Menarik