Militer Rusia dan Indonesia Akan Gelar Latihan Militer Orruda

Militer Rusia dan Indonesia Akan Gelar Latihan Militer Orruda

Global | sindonews | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 20:04
share

Militer Rusia dan Indonesia akan menggelar latihan angkatan laut gabungan pertama mereka, Orruda, pada bulan November. Itu diungkapkan duta besar Rusia untuk Indonesia Sergey Tolchenov.

“Pada bulan November, sekelompok kapal dari Armada Pasifik akan melakukan kunjungan persahabatan ke pelabuhan Surabaya. Itu akan menjadi tiga korvet modern kami. Kunjungan semacam itu dari berbagai kapal kami terjadi hampir setiap tahun," kata Sergey Tolchenov dalam sebuah wawancara dengan kantor berita TASS.

Tolchenov mengungkapkan Indonesia, pada gilirannya, melakukan kunjungan persahabatan ke pelabuhan-pelabuhan Rusia.

"Pada bulan November, sehubungan dengan kunjungan ini (dari kapal-kapal Rusia), akan ada latihan angkatan laut skala besar pertama Rusia dan Indonesia," katanya.

Baca Juga: Gagal Ciptakan Perdamaian, PBB Tak Bisa Cegah Perang Dunia III

Dia menambahkan bahwa di masa mendatang latihan itu dapat diadakan secara berkala -- sekali setiap dua tahun.

"Kemudian mungkin suatu hari kita dapat melakukan latihan semacam itu bukan di perairan dekat Indonesia, tetapi, katakanlah, di bagian lautan dunia yang lebih dekat dengan Timur Jauh Rusia. Ada banyak kemungkinan berbeda di sini," kata diplomat itu.

Nama "Orruda" adalah akronim untuk simbol negara kedua negara -- elang Rusia (Oryol dalam bahasa Rusia), dan "garuda" Indonesia -- raja burung dalam mitos.

"Elang ada di lambang Rusia, dan garuda ada di lambang Indonesia. Semua orang akan melihatnya - teman dan musuh kita," kata Tolchenov. Diplomat itu menekankan bahwa Rusia melakukan latihan gabungan serupa dengan banyak negara, dan latihan itu tidak ditujukan terhadap pihak ketiga.

Topik Menarik