Menpora Dito Bocorkan Keputusan FIFA: Lawan Bahrain Tetap di Indonesia atau Menang WO

Menpora Dito Bocorkan Keputusan FIFA: Lawan Bahrain Tetap di Indonesia atau Menang WO

Olahraga | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 13:22
share

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Dito Ariotedjo, menyebut FIFA telah memastikan laga antara Timnas Indonesia versus Bahrain akan tetap digelar di Indonesia. Dia menjamin keamanan dan keselamatan tim tamu bakal terjaga selama berada di Tanah Air.

Hal tersebut diungkapkan oleh Dito setelah secara resmi dilantik sebagai Menpora dalam Kabinet Merah-Putih di Istana Negara pada Senin (21/10/2024) pagi WIB. Kata dia, FIFA sudah meminta laga lanjutan Grup C babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia itu untuk tetap berlangsung di Indonesia.

“Ya pokoknya kalo Bahrain sudah bersama Ketum PSSI dimana saya sebagai Kemenpora sudah berikan statement resmi dimana kami menjamin keamanan tim Bahrain ketika bermain di Indonesia, insyaallah tak akan ada ancaman dan keselamatannya pasti terjaga,” kata Dito.

“Jadi kalau ada klaim-klaim atau statement dari pihak Bahrain yang mengatakan rasa tidak aman kalau berada di Indonesia itu bisa kami pastikan tidak ada potensi ancaman atau potensi keamanan yang bisa membahayakan tim Bahrain. Jadi seharusnya tidak ada alasan,” imbuhnya.

“Dan FIFA juga sudah meminta pertandingan tetap di Indonesia. Harus di Indonesia, kalau tidak berarti menang WO,” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui bahwa Federasi Sepakbola Bahrain (BFA) meminta laga tandang kontra Timnas Indonesia dihelat di luar Indonesia. Pasalnya, mereka mengklaim para pemain Bahrain mendapatkan ancaman dari netizen Tanah Air karena keputusan kontroversial dari wasit kala Tim Merah-Putih bertandang ke Bahrain pada pertengahan Oktober lalu.

BFA menilai keselamatan dan keamanan para pemain mereka kurang terjamin jika pertandingan tandang kontra Indonesia tetap berlangsung di Jakarta. Namun kini Menpora Dito telah memastikan bahwa FIFA meminta pertandingan itu tak dipindahkan dan tetap dihelat di kandang Skuad Garuda.

Menpora Dito pun sebelumnya sudah mengimbau kepada masyarakat Indonesia agar lebih bijak dalam berkomentar di media sosial. Tujuannya agar tindakan mereka juga tak merugikan tim asuhan Shin Tae-yong.

Topik Menarik