Gibran Jamu Wapres China Santap Siang Menu Nusantara, dari Sukun, Telur Asin, hingga Nasi Goreng Kecombrang

Gibran Jamu Wapres China Santap Siang Menu Nusantara, dari Sukun, Telur Asin, hingga Nasi Goreng Kecombrang

Nasional | sindonews | Senin, 21 Oktober 2024 - 14:57
share

Wakil Presiden (Wapres) Gibran Rakabuming Raka menerima kunjungan Wapres Republik Rakyat Tiongkok/China, Han Zheng di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 6, Jakarta, Senin (21/10/2024). Dalam pertemuan itu Gibran menjamu rombongan Wapres China dengan makanan khas Nusantara.

Sebelum satap siang bersama, Gibran dan Han Zheng sempat berbincang di ruang audiensi. Dalam kesempatan itu Han Zheng menyampaikan ucapan atas pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan Wapres periode 2024-2029.

Han Zheng menambahkan Presiden China Xi Jinping menaruh perhatian besar terhadap Pemerintah Indonesia dan menantikan kerja sama lebih lanjut antara kedua negara di masa depan.

Usai pertemuan itu, Gibran lantas mengajak Han Zheng menyantap makan siang bersama.

Rangkaian menu dari beberapa daerah di Indonesia pun telah disusun dengan seksama untuk menampilkan keunggulan Indonesia di bidang kuliner dengan bahan-bahan yang dihasilkan langsung dari negeri seribu pulau ini.

Selain itu, penyusunan menu yang ditampilkan juga menjadi langkah dalam memperkuat langkah Indonesia di dunia diplomasi, yaitu melalui gastrodiplomasi

Santap siang menghidangkan berbagai hidangan khas Indonesia seperti sukun, telur asin, otak-otak, dan lemburi jeruk Bali, ayam bakar sempyok, kerapu bakar Manokwari, dan nasi goreng kecombrang. Han Zheng pun memuji makanan khas Indonesia yang kaya akan rempah.

Baca juga: Sinyal Bahaya dari China Menyala, Perlambatan Ekonomi Semakin Dalam

Sekedar informasi, tahun depan, Indonesia dan RRT akan merayakan 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Terkait hal ini, Gibran dan Han Zheng menyampaikan komitmen untuk memperkuat kemitraan strategis kedua negara. Secara khusus, kedua Wapres mendorong peningkatan kerja sama ekonomi dan peningkatan kapasitas SDM antar kedua negara.

Topik Menarik