Profil Kolonel Inf Wimoko, Dan Grup A Paspampres Teman Seangkatan AHY Jabat Danrem 102/PJG

Profil Kolonel Inf Wimoko, Dan Grup A Paspampres Teman Seangkatan AHY Jabat Danrem 102/PJG

Infografis | sindonews | Kamis, 24 Oktober 2024 - 11:29
share

Dan Grup A Paspampres Kolonel Inf Wimoko menempati jabatan baru sebagai Danrem 102/PJG (Palangkaraya) Kodam XII/Tanjung Pura. Perwira Kopassus itu menggantikan Brigjen TNI Iwan Rosandriyanto yang dipromosikan menjadi Staf Khusus KSAD.

Mutasi Wimoko berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1264/X/2024 tanggal 18 OKtober 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca juga: Daftar 15 Panglima Kodam di Indonesia, Terbaru Eks Perisai Hidup Jokowi

Pria kelahiran Ngawi, 19 Juni 1977 itu menjadi bagian dari 35 Perwira Tinggi (Pati) TNI AD yang dimutasi Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto. Total 63 Pati TNI dimutasi, rinciannya 35 Pati TNI AD, 15 Pati TNI AL, dan 13 Pati TNI AU.

Pergeseran Wimoko dengan jabatan Danrem 102/PJG (Palangkaraya) membuat Wadansat 81 Kopassus itu pecah bintang menjadi Brigjen TNI atau jenderal bintang 1.

Menyandang Brigjen TNI, karier Wimoko makin menterang. Diketahui juga lulusan Akademi Militer (Akmil) 2000 ini ternyata teman satu angkatan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang saat ini menjabat Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.

Sebelum menjabat Danrem 102/PJG (Palangkaraya), Wimoko pernah mengemban amanah sebagai Aspers Kopassus dan Dosen Madya Seskoad TNI AD.

Saat menduduki jabatan terakhir sebagai Dan Grup A Paspampres, Wimoko menggantikan Brigjen TNI Faisol Izuddin Karimi yang bertugas sebagai Komandan Korem Surya Kencana Bogor. Dia dilantik oleh Danpaspampres Mayjen TNI Achiruddin.

Sekadar diketahui, Grup A Paspampres merupakan satuan jajaran Pasukan Pengamanan Presiden yang bermarkas di Jakarta. Mottonya yakni Berani, Setia, Waspada. Maknanya selain sebagai prajurit yang setia terhadap tugas, setia kepada Pancasila dan Sapta Marga, setia kepada bangsa dan NKRI dengan senantiasa menjaga kewaspadaan. Prajurit Grup A Paspampres juga senantiasa berani dalam menghadapi berbagai situasi penugasan dalam pengawalan.

Grup A Paspampres memiliki tugas melaksanakan pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat terhadap Presiden beserta keluarganya dan berkekuatan 4 Detasemen.

Topik Menarik