Jurusan IPS Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Daftar Ini Bisa Dipertimbangkan

Jurusan IPS Bisa Masuk Fakultas Apa Saja? Daftar Ini Bisa Dipertimbangkan

Terkini | sindonews | Jum'at, 25 Oktober 2024 - 13:59
share

Jurusan IPS bisa masuk fakultas apa saja? Untuk kamu siswa SMA yang masuk jurusan IPS, ada banyak pilihan fakultas dan jurusan kuliah yang bisa kalian pilih.

Tak ada salahnya bagi kalian untuk mulai mencari kira-kira apa saja fakultas yang kalian minati. Tentunya menentukan tujuan fakultas dan jurusan kita bukanlah hal yang mudah. Untuk bantu teman-teman SMA terutama yang jurusan IPS, di bawah ini ada banyak fakultas dan jurusan yang perlu kalian pertimbangkan.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah S1 yang Banyak dicari Pertamina, Kebanyakan Datang dari Prodi Teknik

Fakultas dan Jurusan Kuliah untuk Jurusan IPS

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

1. Ilmu Ekonomi

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) di setiap kampus menawarkan beberapa pilihan jurusan yang mungkin kalian minati. Salah satu jurusan yang paling terkenal di FEB adalah Ilmu Ekonomi. Secara umum, jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan dan perilaku ekonomi dalam tingkat individu, perusahaan.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Sesuai Hobi, Penting untuk Menunjang Karier

Jurusan ini cocok untuk kalian yang minat dengan manajemen keuangan. Tentunya prospek pekerjaan Ilmu Ekonomi pasti tak jauh dari manajemen perusahaan. Karena Ilmu Ekonomi adalah jurusan yang hampir dibutuhkan oleh semua perusahaan, lulusan dari jurusan ini bisa saja bekerja di bidang seperti credit analyst, risk analyst, ataupun konsultan keuangan.

2. Manajemen

Selain Ilmu Ekonomi, kalian juga bisa pertimbangkan jurusan Manajemen. Secara umum, jurusan ini mempelajari bagaimana pengelolaan strategi bisnis, administrasi, manajemen SDM, keuangan, pemasaran, dan masih banyak lainnya.

Seperti Ilmu Ekonomi, jurusan Manajemen juga memiliki prospek pekerjaan yang dibutuhkan di berbagai sektor perusahaan. Lulusan jurusan manajemen cenderung bekerja sebagai pengusaha, bankir, HRD, marketing, business development, konsultan bisnis, dan lain-lainnya.

3. Akuntansi

Jurusan Akuntansi juga salah satu jurusan yang bisa kalian pertimbangkan. Jurusan ini cocok buat kalian yang suka dengan mengerjakan analisis keuangan seperti menyusun laporan keuangan.

Baca juga: 10 Jurusan di UKI Paling Banyak Peminatnya, Nomor 1 Sudah Jadi Rahasia Umum

Prospek pekerjaan jurusan ini bisa bekerja di bidang konsultasi keuangan, analisis bisnis, marketing eksekutif, konsultan pajak, broker saham, akuntan publik, atau bahkan bisnis pribadi.

Fakultas Hukum

Tak seperti Fakultas pada umumnya, Fakultas Hukum cenderung tidak memiliki jurusan-jurusan tersendiri. Di sebagian besar kampus, Fakultas Hukum terbagi menjadi beberapa peminatan bukan jurusan. Peminatan-peminatan tersebut meliputi Hukum Perdata, Hukum Islam, Hukum Ekonomi, Hukum Internasional, Praktisi Hukum, dan masih banyak lagi sesuai dengan yang disediakan oleh universitas tujuan kalian.

Sesuai dengan peminatan-peminatan ini, Ilmu Hukum belajar mengenai isu-isu keadilan, tata kelola hukum baik ekonomi maupun pemerintahan, dan juga tentang Hak Asasi Manusia. Untuk prospek pekerjaannya, lulusan Hukum biasanya tak jauh dari pengacara, jaksa, hakim, arbiter, mediator, konsultan hukum, staf legal, dan masih banyak lagi.

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

1. Ilmu Komunikasi

Walaupun berbeda-beda di setiap kampus, Ilmu Komunikasi cenderung masuk ke dalam Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP). Ilmu Komunikasi secara umum adalah salah satu jurusan yang diminati oleh karena hampir semua perusahaan akan memerlukan lulusan dari jurusan ini.

Jurusan ini cocok bagi kalian yang minat dengan public speaking, fotografi, sinematografi, penulisan berita, maupun pembuatan film. Prospek pekerjaan sebagai lulusan jurusan ini tak jauh dari jurnalis, reporter, presenter, advertising, pemasaran, komunikasi bisnis, PR/Public Relations, event organizer, dan lain-lain.

2. Ilmu Hubungan Internasional

Kalau kalian tertarik dengan jurusan yang mungkin bisa memberikan kesempatan untuk bekerja di luar negeri, Ilmu Hubungan Internasional bisa kalian pertimbangkan. Hubungan Internasional secara umum mempelajari tentang hubungan diplomasi antar negara, konflik internasional, perdagangan atau ekonomi internasional, sejarah dunia, hingga perdamaian dunia.

Prospek pekerjaan sebagai lulusan Hubungan Internasional tak jauh dari duta besar, konsultan internasional, politikus, wartawan, international relations officer, dan banyak peluang pekerjaan lainnya.

3. Ilmu Politik

Ilmu Politik cocok bagi kalian yang mungkin suka dengan isu politik secara nasional. Mulai dari aspek politik di tingkat lokal maupun di tingkat nasional. Ilmu Politik pada umumnya belajar mengenai sistem politik, struktur kelembagaan, proses pengambilan keputusan politik, partai politik, dan pergerakan politik secara nasional.

Prospek pekerjaan lulusan jurusan ini biasa bekerja di bidang peneliti politik, politikus/pemerintahan, legislatif, hubungan masyarakat, aktivis organisasi masyarakat, atau bahkan jurnalis politik.

4. Jurnalistik

Tak seperti Ilmu Komunikasi, Ilmu Jurnalistik cocok untuk kalian yang minat dalam bidang berita. Jurusan ini mempelajari tentang penulisan dan bahasa jurnalistik, penulisan berita, teknik-teknik wawancara, etika pers, dan juga manajemen media. Lulusan jurusan ini biasanya bekerja sebagai wartawan, penulis berita, atau pembawa berita, ataupun pengelola media di perusahaan-perusahaan.

5. Ilmu Administrasi Publik

Tak jauh dari Ilmu Politik, Ilmu Administrasi Publik mempelajari tentang pemahaman dasar dan struktur pemerintahan. Jurusan ini mungkin cocok untuk kalian yang minat mempelajari tentang keputusan politik pemerintahan, apa dampaknya, dan bagaimana keputusan tersebut diimplementasikan secara publik.

Untuk prospek pekerjaan, jurusan ini menawarkan beberapa karir di bidang konsultan pemerintahan, manajemen SDM, jurnalis, tenaga pengajar, peneliti, staf legislatif, dan masih banyak lagi.

Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya

1. Ilmu Sastra

Sastra bahasa mungkin bukan jurusan yang diminati banyak orang. Namun jika kamu suka mempelajari bahasa indonesia, bahasa asing, ataupun sejarah dan budaya bahasa, mungkin ini jurusan yang cocok dengan kamu. Sastra secara umum memiliki beberapa jurusan sesuai dengan bahasa yang dipelajari seperti sastra Indonesia, sastra Arab, sastra Belanda, sastra Jerman bahkan hingga sastra Korea. Untuk kamu yang tertarik bekerja mempelajari sejarah dan budaya di luar negeri, jurusan ini bisa dipertimbangkan kembali.

2. Ilmu Arkeologi

Jurusan lainnya yang mungkin akan membawa kalian ke luar negeri adalah Arkeologi. Mungkin jurusan ini bukan untuk semua orang, namun jika kamu tertarik dengan mempelajari sejarah, kebudayaan, dan peradaban di masa lalu, jurusan ini cocok untuk kamu. Karier sebagai arkeolog tidak jauh dari menggali sejarah dan mempelajari sisa-sisa fosil, artefak, bahkan sastra atau teks kuno.

3. Ilmu Filsafat Jurusan ini mungkin cocok buat kamu yang ingin tahu tentang asal eksistensi manusia secara sosial dan budaya. Ilmu Filsafat cenderung cocok untuk orang-orang yang suka berpikir hal yang pada umumnya mungkin tidak dipikirkan oleh masyarakat umum. Lulusan dari jurusan ini cenderung bekerja sebagai jurnalis, konselor, penulis, ataupun dosen.

Fakultas Seni Rupa & Desain

1. Desain Komunikasi Visual

Jurusan ini cocok untuk kalian yang suka menggambar. Jurusan ini cenderung mempelajari bagaimana cara menggambar sesuai dengan teori yang digunakan dalam desain visual. Prospek pekerjaan DKV tak jauh dari graphic designer, web designer, illustrator, video editor, art director, dan masih banyak lainnya.

2. Desain Grafis

Tak jauh dari DKV, jurusan ini juga cocok bagi kalian yang suka menggambar. Perbedaanya adalah desain grafis secara spesifik lebih menekankan desain yang sesuai dengan perkembangan jaman. Sama seperti DKV, desain grafis juga menawarkan prospek pekerjaan seperti illustrator, designer web, dan yang lainnya seperti motion graphic designer, desainer cetak, dan masih banyak lainnya.

3. Desain Interior

Dan yang terakhir dalam list ini adalah Desain Interior. Seperti nama jurusannya, desain interior memperlajari tentang bagaimana cara menciptakan kenyamanan desain yang sesuai dengan seni dan fungsi ruangan tersebut. Untuk prospek pekerjaan yang ditawarkan oleh Jurusan ini adalah seperti desainer interior, 3D visualizer, PNS, bekerja di perusahaan konstruksi interior, bisnis properti, distributor produk interior, hingga art director.

Demikian fakultas dan jurusan kuliah yang bisa dipertimbangkan bagi lulusan IPS. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia SINDOnews.

MG/Patrick Daniel H.W.

Topik Menarik