Profil Kolonel Pnb Anton Pallaguna, Calon Ajudan Presiden Prabowo Subianto

Profil Kolonel Pnb Anton Pallaguna, Calon Ajudan Presiden Prabowo Subianto

Nasional | sindonews | Sabtu, 26 Oktober 2024 - 17:49
share

Nama Kolonel Pnb Anton Pallaguna semakin dikenal publik setelah menjadi salah satu kandidat ajudan Presiden Prabowo Subianto. Namun, jauh sebelum itu, sosok perwira tinggi TNI AU ini telah menorehkan sejumlah prestasi membanggakan di bidang penerbangan dan akademik.

Pilot Andal dengan Segudang Pengalaman

Sebagai seorang penerbang tempur, Kolonel Anton, yang akrab disapa "Sioux", memiliki jam terbang yang tinggi dan tentunya dengan segudang pengalaman yang berharga. Ia pernah menjabat sebagai Asisten Operasi Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Kosekhanudnas) I dan Komandan Skadron Udara 11 di Pangkalan Udara Hasanuddin.

Kemampuannya dalam mengendalikan pesawat tempur terbukti saat berhasil mendaratkan pesawat Sukhoi (SU-30) MK2 TS-3009 yang mengalami gangguan mesin akibat Foreign Object Damage sehingga alutsista mahal negara bisa diselamatkan tanpa ada korban jiwa.

Keberhasilannya ini membuatnya mendapatkan penghargaan dari mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pendidikan dan Pelatihan yang Pernah Diikuti

Untuk mendukung kariernya, Anton mengikuti berbagai pendidikan dan pelatihan baik di dalam maupun luar negeri. Mulai dari sekolah penerbang, sekolah komando, hingga program doktor, ia selalu memberikan yang terbaik. Beberapa pendidikan penting yang pernah diikuti antara lain:

* Pelatihan G-fet Singapura (2004 & 2008)* Avmed Pilot And Fast Jet Crew Refresher Raaf Edinburgh * 162 Flying Instructor Course* Raaf East Sale Base-Australia* Sukhoi 27 Flying Course di Rusia (2011)* SU- 27/30 Simulator Training Course di China (2012)* Advanced Weapon Application dan Advanced Combat Training (2013)* Specialized English Course dan Flight Safety Officer di Amerika Serikat (2016)* Sekolah Staf dan Komando TNI

Selain mahir dalam menerbangkan pesawat tempur, Kolonel Anton juga memiliki prestasi akademik yang gemilang. Juli 2024 silam, Ia berhasil meraih gelar Doktor dengan predikat summa cum laude dari Universitas Hasanuddin dengan IPK sempurna 4,00.

Disertasinya yang membahas strategi suplai energi untuk konflik terbatas miliknya menunjukkan minat yang tinggi pada isu strategis dan kemampuannya dalam menganalisis permasalahan kompleks.

Prestasi dan Penghargaan (H2)

Selama kariernya, Anton telah meraih berbagai penghargaan dan prestasi, antara lain:

* Trisakti Viratama AAU (1998-2000)* Lulusan terbaik sekolah penerbang TNI AU A-64 (2002)* Best Satra Wiratama Sekkau (2010)* First qualified pilot dari Angkatan Udara Rusia (2012)* Liocik Sniper dari angkatan udara Rusia (2014)* Well Done Award dari KSAU (2017)* Maleo Awards Panglima Komando Operasi Udara II TNI AU (2024)* Lulusan terbaik Program Doktor Universitas Hasanuddin (2024)

Prestasi gemilang yang diraih Kolonel Anton menjadi inspirasi bagi para prajurit TNI AU lainnya. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono berharap keberhasilan Anton dapat memotivasi seluruh prajurit untuk terus mengembangkan diri dan berkontribusi bagi kemajuan TNI AU.

Profil Singkat Kolonel Pnb Anton Pallaguna

Nama Lahir: Anton PallagunaNama Julukan: SiouxAsal : KendariTahun Lahir : 1979 Agama : IslamPendidikan : Universitas HasanuddinProfesi : Penerbang TNI AU

(MG/ Luh Felicia Sawetri)

Topik Menarik