KMTI UMS Gelar Industrial Seminar, Bahas Penguatan Rantai Pasok

KMTI UMS Gelar Industrial Seminar, Bahas Penguatan Rantai Pasok

Terkini | sleman.inews.id | Sabtu, 12 Oktober 2024 - 15:10
share

SOLO, iNewsSleman.id - Keluarga Mahasiswa Teknik Industri (KMTI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Industrial in Seminar 11 (InSem). Kegiatan diselenggarakan di Auditorium Mohammad Djazman UMS, Sabtu (12/10/2024). 

InSem 11 mengangkat tema "Strategi Manajemen Industri dan Peningkatan Efisiensi Rantai Pasok untuk Mendorong Daya Saing Global Komoditas dan Produk".  Narasumber yang dihadirkan yakni Yulison Tri Gunawan (Head of Customer Supply Chain PT Kievit Indonesia, Salatiga, Jawa Tengah) dan Untung Raharjo (Director of Operations PT Multikemas Kencana Cemerlang, Klaten, Jawa Tengah).

Ketua Umum KMTI UMS Mizan Muharya Qotrunnada menyampaikan, tema seminar kali ini sangat relevan dan krusial pada strategi manajemen industri dan peningkatan supply chain untuk mendorong daya saing global.

"Terlebih dengan hadirnya teknologi digital, proses distribusi barang dan jasa telah mengalami transformasi yang signifikan," ujar Mizan. 

Melalui seminar ini, diharapkan dapat memperoleh wawasan dari narasumber yang hebat dan dapat menambah wawasan baru serta pemahaman mendalam terkait bagaimana proses rantai pasar menjadi momen yang berharga.

Ketua Panitia InSem 11 Nazriel Ikbar Muhammad menyampaikan, kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk berbagi pengalaman serta untuk mengetahui cara memperkuat rantai pasok dengan efisien dan tangguh.

 

"Sehingga industri di Indonesia mampu menghadapi tantangan globalisasi dengan lebih siap dan tangguh terakhir," tutur Nazriel Ikbar Muhammad. 

Kaprodi Teknik Industri yang berhalangan hadir dan diwakili Arga Seta Asmara Sakti, S.T., M.T menyampaikan, mahasiswa saat ini tidak perlu pergi jauh-jauh sebagaimana sebuah pepatah mengatakan 'belajarlah hingga ke negeri Cina'. Namun para narasumber yang datang dari luar kota ini telah menghampiri para peserta untuk membagikan ilmunya.

Pada seminar ini, narasumber pertama Yulison Tri Gunawan menyampaikan mengenai bagaimana sebuah perusahaan Bussiness to Bussiness (B2B) itu dapat bertahan ketika menghadapi tantangan. 

Perusahaannya yang memasok kremer, menerangkan beberapa tantangan untuk B2B dalam rantai pasok bahan baku, salah satunya adalah lead time atau waktu tunggu. 

Narasumber kedua Untung Raharjo menerangkan mengenai perusahaan yang bergerak pada Fast-Moving Consumer Goods (FMCG). Pada FMCG, terdapat beberapa rantai yang diperlukan, sehingga menggandeng perusahaan lain seperti perusahaan PT Multikemas Kencana Cemerlang yang menawarkan jasa kemasan.
 

Topik Menarik