Agustin Optimis Bandara Semarang Kembali Berstatus Internasional

Agustin Optimis Bandara Semarang Kembali Berstatus Internasional

Terkini | soloraya.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 07:30
share

Semarang, iNewsSoloraya.id - Calon Walikota Semarang bernomor urut 01, Agustina Wilujeng Pramestuti atau akrab disapa Mbak Agustin optimis Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang bisa kembali meraih status internasionall, dengan begitu akan berdampak pada sektor pariwisata dan perekonomian kota Semarang. 

"Kalau bisa kembali dibuka (berstatus internasional), Kita ada pertempuran lima hari di Semarang. Itu banyak wisatawan dari Jepang, Belanda. Hampir tiap tahun kesini," kata Agustin, disela acara silaturahmi dengan KADIN Kota Semarang, di Resto Rosti, Jl Pandanaran Semarang, Senin (30/9). 

Jika bandara Semarang belum kembali berstatus internasional, menurutnya agak sulit mendatangkan wisatawan. Sebab seperti saat ini wisatawan harus transit dahulu di Jakarta. 

"Kalau belum internasional, apa ya mau mereka (wisatawan) terbang dan bongkar bagasi di Jakarta dulu. Susah banget baru kemudian ke Semarang," ujarnya. 

Mbak Agustin menambahkan jika harus transit, sangat merepotkan wisatawan. Sebab, beberapa wisatawan tak lagi muda dan membawa sejumlah kerabatnya. 

"Itu (status internasional) kebutuhan kita. Kita harus berupaya. Temen temen komisi V DPR RI sudah dipesani agar segera status internasional," terang dia. 

Ia menyebut proses keluar izin internasional tidak lama lagi. Ketika Angkasa Pura sudah menyetujui maka kembali berstatus internasional. 

Mbak Agustin menuturkan, hingga Agustus 2024, ijin kembali status internasional sudah diajukan. Beberapa rute sudah diusulkan seperti ke Kuala Lumpur, Singapura. 

"Saya meyakini dengan pertumbuhan ekonomi saat ini, pemerintah akan memberikan izin penerbangan internasional untuk kota Semarang," tandas dia. 

Turut hadir dalam silaturahmi tersebut Calon Wakil Walikota Semarang Iswar Aminuddin, ketua KADIN Kota Semarang Arnaz Agung Andrarazmara dan sejumlah pengusaha dari berbagai sektor.

Topik Menarik