Ratusan Rumah di Grobogan Porak Poranda Diterjang Puting Beliung

Ratusan Rumah di Grobogan Porak Poranda Diterjang Puting Beliung

Terkini | sragen.inews.id | Kamis, 3 Oktober 2024 - 10:00
share

GROBOGAN, iNewsSragen.id - Sebuah pusaran angin puting beliung yang datang dari atas awan menerjang sebuah desa di Grobogan, menyebabkan ratusan rumah warga porak-poranda, Rabu (2/10/2024) petang. Warga yang rumahnya rusak memilih berteduh dan mencari tempat yang aman.

Pusaran angin yang melesat kencang dari arah barat daya ini menyasar Desa Plosoharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan, Jawa Tengah. Dalam sebuah video amatir, terlihat kondisi atap rumah yang telah hancur tersapu angin kencang. Hujan yang masih cukup deras mengguyur isi rumah yang sudah sebagian rusak, membuat situasi semakin parah.

Dari dalam salah satu rumah, terdengar tangisan seorang warga yang melihat atap rumahnya tiba-tiba ambrol dan menyaksikan pusaran angin di atas. Kepanikan melanda seluruh warga yang saat itu berada di dalam rumah. Mereka langsung berlarian keluar dan berlindung di bawah teras.

Suyatno, yang berhasil mengamankan kedua cucunya yang masih kecil, mendengar suara gemuruh dari atas rumah. Tiba-tiba, ia mendengar suara genting yang berserakan dan pecah jatuh ke lantai. Beruntung, keluarganya berhasil menyelamatkan diri. Menurut Yanto, sebelum hujan turun, suara gemuruh angin sudah terdengar terlebih dahulu.

Sementara itu, Muhadi yang melihat langsung pusaran angin merasa panik dan bingung, melihat angin puting beliung melaju kencang menuju desanya. Beberapa kepala keluarga yang rumahnya tidak dapat digunakan untuk tidur terpaksa berlindung dan mengungsi di serambi masjid untuk sementara waktu.

 

Warga harus menunggu lantai rumah yang masih berlumpur kering terlebih dahulu sebelum bisa kembali menempati rumah mereka. Saat ini, kondisi lantai menjadi becek dan tidak bisa dilalui.

Selain merusak rumah, angin puting beliung juga membuat puluhan pohon tumbang, menutup jalan desa. Dengan hujan yang masih deras, warga memilih untuk bertahan dan berencana memperbaiki genting dan pohon yang tumbang setelah cuaca membaik.

 

 

 

 

 

Topik Menarik