AMPI Jatim Dorong Pemuda Menjadi Agen Pembaharuan dan Perubahan

AMPI Jatim Dorong Pemuda Menjadi Agen Pembaharuan dan Perubahan

Terkini | surabaya.inews.id | Senin, 28 Oktober 2024 - 14:10
share

GRESIK, iNewsSurabaya.id - Aula DPD Golkar Kabupaten Gresik menjadi saksi pelantikan pengurus baru Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Kabupaten Gresik untuk periode 2024-2029, pada Minggu, 27 Oktober 2024. Ketua DPD AMPI Jawa Timur Junartha Yusuf dan Sekretaris DPD AMPI Jawa Timur Djoko Prihatin hadir langsung dalam acara pelantikan ini. Mereka melantik Minal Abidin sebagai Ketua AMPI Kabupaten Gresik, yang didampingi 50 pengurus baru lainnya.

Pelantikan ini menjadi momen penting bagi AMPI Kabupaten Gresik. Harapan besar ditujukan kepada kepengurusan baru ini agar dapat menghidupkan kembali semangat pembaharuan di kalangan pemuda Gresik. 

Dengan adanya kolaborasi yang erat bersama Pemerintah Kabupaten Gresik, Junartha dan Djoko Prihatin, optimis bahwa AMPI Kabupaten Gresik dapat menjadi wadah bagi pemuda untuk berkontribusi dalam pembangunan daerah, serta mencetak agen-agen perubahan yang akan membawa kemajuan di masing-masing wilayahnya.

Menurut Rich Djoe, sapaan akrab Djoko Prihatin, pembentukan kepengurusan di Kabupaten Gresik ini adalah bagian dari langkah strategis AMPI Jawa Timur dalam memperkuat basis pemuda di seluruh Jawa Timur. 

“Kami memiliki komitmen besar untuk membangun kepemudaan yang dinamis, modern, dan adaptif di era digital ini. AMPI Jawa Timur menargetkan terbentuknya 38 pengurus AMPI di seluruh kabupaten dan kota se-Jawa Timur. Hingga kini, kami sudah melantik hampir setengahnya, dan akan terus melanjutkan pembentukan di daerah-daerah lain," ujar Rich Djoe.

Ia menambahkan bahwa AMPI Jawa Timur hadir untuk mengakomodasi kebutuhan pemuda akan ruang yang mendukung pertumbuhan mereka dalam berbagai bidang, baik sosial, ekonomi, maupun politik. 

Dalam keterangan resminya, Rich Djoe menyebut bahwa AMPI tidak hanya berfokus pada pembangunan karakter, tetapi juga memberikan wawasan kepada pemuda mengenai perubahan zaman dan tantangan global. "Ini adalah sebuah kesempatan bagi pemuda di setiap daerah untuk menjadi garda terdepan dalam membawa perubahan positif bagi lingkungannya," tambahnya.

Ketua AMPI Jawa Timur, Junartha Yusuf, menegaskan bahwa AMPI tidak hanya sekadar organisasi politik, melainkan juga menjadi “kawah candra di muka” bagi para pemuda untuk mengenal dan memahami dunia politik dengan cara yang menyenangkan dan riang gembira. 

 

Ia menjelaskan bahwa AMPI ingin mengubah persepsi bahwa politik adalah sesuatu yang membosankan atau rumit. 

"Kami di AMPI memiliki misi untuk memperkenalkan politik kepada pemuda dengan cara yang menyenangkan, sehingga mereka dapat memahami bahwa politik adalah alat untuk membuat perubahan nyata di masyarakat," ungkap Junartha.

Lebih jauh lagi, Junartha menekankan pentingnya peran pemuda dalam menyongsong visi Indonesia Emas 2045, yang menargetkan Indonesia menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia. 

Menurutnya, hal ini hanya dapat dicapai jika pemuda mengambil peran aktif dalam proses pembangunan bangsa. 

“AMPI adalah wadah yang tepat bagi pemuda untuk mulai berkontribusi dalam pembangunan bangsa. Indonesia Emas 2045 hanya bisa tercapai jika pemuda, seperti yang ada di AMPI, mampu berperan sebagai agen-agen pembaharuan di setiap lini kehidupan, termasuk dalam bidang politik, ekonomi, dan sosial,” ujar Junartha.

Dengan adanya pelantikan pengurus baru AMPI Kabupaten Gresik ini, AMPI Jawa Timur berharap kepengurusan yang baru ini mampu melahirkan berbagai program yang kreatif, inovatif, dan mampu menjawab tantangan zaman. 

Selain itu, mereka berharap dapat menciptakan kader-kader pemuda yang berani mengambil risiko dan bertindak sebagai pionir dalam membangun masyarakat yang maju dan berdaya saing. 

Dukungan dari pemerintah setempat juga diharapkan untuk mengoptimalkan peran AMPI dalam mendampingi pemuda di Gresik agar terus berkontribusi dalam memajukan daerah.

Di akhir acara, Junartha Yusuf menyampaikan harapannya kepada seluruh anggota AMPI yang hadir agar selalu menanamkan semangat pembaharuan dan berani bergerak maju. 

“AMPI adalah rumah besar bagi pemuda yang ingin berkontribusi secara nyata bagi bangsa. Kita semua di sini adalah bagian dari perubahan besar yang sedang kita bangun bersama. Mari kita gunakan kesempatan ini untuk belajar, berkolaborasi, dan terus melangkah maju demi kemajuan daerah dan bangsa kita," tutupnya.

Topik Menarik