Kasetpres Sampaikan Kesiapan Rangkaian Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029

Kasetpres Sampaikan Kesiapan Rangkaian Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029

Terkini | tangsel.inews.id | Sabtu, 19 Oktober 2024 - 21:40
share

JAKARTA, iNewsTangsel.id - Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menyampaikan bahwa persiapan rangkaian pelantikan dan pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Kompleks Istana Kepresidenan telah berjalan dengan baik.

Persiapan dimulai dengan kedatangan tamu-tamu negara di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta dan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang.

"Saat ini kami masih menyusun pembagian kedatangan tamu negara, ada yang melalui Halim dan ada yang melalui Soetta. Kami akan memberikan data lengkapnya nanti sore atau besok pagi," ujar Kasetpres, Sabtu (19/10/2024).

Heru menjelaskan bahwa saat tamu negara tiba di bandara, akan ada prosesi penyambutan yang melibatkan pasukan jajar kehormatan dan korps musik (Korsik).

Selain itu, pemerintah pusat bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta telah menyiapkan video penyambutan yang akan ditayangkan di berbagai videotron di Jakarta.

"Pada saat kedatangan, kami meminta Pemda DKI menayangkan video di seluruh videotron di Jakarta, dimulai pada tanggal 19 Oktober untuk tamu yang tiba di Halim maupun Soetta. Persiapan ini telah kami mulai sejak Senin lalu," jelasnya.

 

Untuk memeriahkan acara pelantikan pada 20 Oktober 2024, Heru menyatakan bahwa Pemda DKI Jakarta akan menyiapkan panggung hiburan di kawasan Sudirman-Thamrin. Acara hiburan ini dijadwalkan dimulai pukul 11.00 WIB hingga Presiden terpilih tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

"Masyarakat diundang untuk menikmati hiburan yang disediakan di panggung-panggung tersebut, ada juga doorprize. Kami berharap masyarakat dapat berpartisipasi," lanjut Heru.

Rangkaian acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 akan ditutup dengan jamuan makan malam kenegaraan yang diselenggarakan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. Kasetpres mengonfirmasi bahwa sejumlah tamu negara, baik pimpinan maupun utusan khusus, akan hadir dalam acara tersebut.

"Pada malam harinya, sebagian tamu negara akan dijamu oleh Presiden terpilih Bapak Prabowo di Istana," pungkas Kasetpres.

Topik Menarik