Kronologi Pencurian dengan Modus Ganjal ATM di Tasikmalaya, Korban Sempat Kejar Pelaku

Kronologi Pencurian dengan Modus Ganjal ATM di Tasikmalaya, Korban Sempat Kejar Pelaku

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Selasa, 1 Oktober 2024 - 10:01
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Aksi pencurian dengan modus ganjal ATM kembali terjadi di sebuah minimarket di Jalan AH Nasution, Kecamatan Mangkubumi, Tasikmalaya, pada Senin (30/9/2024) sore. Pelaku berupaya mencuri uang nasabah dengan memanfaatkan mesin ATM di lokasi tersebut.

Korban, Rida Andriani (35), menceritakan kejadian saat kartu ATM-nya tiba-tiba terganjal di mesin ketika ia hendak menarik uang. Tidak lama kemudian, beberapa pria mendekatinya dengan berpura-pura menawarkan bantuan.

"Saat saya ingin menggunakan ATM, ada seorang pria yang sudah berada di sana. Setelah dia selesai, saya mencoba memasukkan kartu, tapi tetap tidak bisa. Kemudian, pria itu menawarkan bantuan untuk memasukkan kartu saya, dan berhasil. Namun, ternyata saat itu kartunya sudah ditukar," jelas Rida saat ditemui di Polsek Mangkubumi pada Senin malam.

Setelah kejadian tersebut, Rida diberi tahu oleh kasir minimarket bahwa insiden serupa sering terjadi di mesin ATM di lokasi itu.

"Saya langsung keluar dan bertanya kepada tukang parkir, yang mengarahkan saya ke mobil pelaku. Saya mengejar mereka hingga ke depan SPBU, dan saat saya mengetuk kaca mobil, mereka tetap berusaha mengelak. Setelah itu, mereka membawa saya kembali ke minimarket untuk memeriksa CCTV," ungkapnya.

Setelah berhasil menghentikan mobil pelaku, Rida meminta mereka untuk membuktikan bahwa kartu ATM-nya tidak ditukar melalui rekaman CCTV. Namun, pelaku sempat mengancam akan melaporkan Rida jika tuduhannya tidak terbukti.

"Saya segera menghubungi polisi, dan untungnya polisi datang dengan cepat. Sayangnya, CCTV di minimarket tersebut tidak merekam langsung area mesin ATM," tambahnya.

 

Rida juga menambahkan bahwa ada tiga orang di dalam mobil pelaku. Namun, menurut informasi yang ia dapatkan, komplotan tersebut terdiri lebih dari tiga orang, dan sebagian sudah menunggu di mobil lain.

"Polisi langsung membawa pelaku ke Polsek Mangkubumi. Saat diberhentikan, ada tiga orang di mobil, tetapi dua lainnya mungkin sudah kabur," jelasnya.

Beruntung, uang di rekening Rida tidak sempat dicuri oleh para pelaku. "Tidak ada uang yang berhasil mereka ambil, dan kartu saya juga masih ada di sana, belum sempat ditukar lagi," tutupnya.

Kapolsek Mangkubumi, Iptu Jajat Jatnika, menjelaskan bahwa dari enam pelaku yang terlibat dalam aksi pencurian dengan modus ganjal ATM ini, tiga pelaku berhasil ditangkap.

"Satu pelaku ditangkap di lokasi kejadian, sementara dua lainnya ditangkap di tempat berbeda setelah dilakukan pengejaran bersama Polsek Jamanis, Ciawi, dan Kadipaten. Tiga pelaku lainnya masih dalam pengejaran," ujar Iptu Jajat.

Polisi terus melakukan upaya untuk menangkap para pelaku yang melarikan diri.

Topik Menarik