Perbaikan Akses Jalan di Parungponteng Pasca Longsor: Kini Bisa Dilewati Kendaraan

Perbaikan Akses Jalan di Parungponteng Pasca Longsor: Kini Bisa Dilewati Kendaraan

Terkini | tasikmalaya.inews.id | Kamis, 10 Oktober 2024 - 18:50
share

TASIKMALAYA, iNewsTasikmalaya.id – Akses jalan yang sempat nyaris putus di Kampung Cihonje, RT 01/01 Desa Cibungur, Kecamatan Parungponteng, kini telah diperbaiki setelah terdampak longsor.

Perbaikan jalan ini dibiayai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Tasikmalaya tahun 2024, dengan total anggaran sebesar Rp 330 juta. Pelaksanaan perbaikan diambil alih oleh CV Adi Jaya Mukti dan direncanakan selesai dalam waktu 60 hari kerja.

Jalan yang menghubungkan Kecamatan Parungponteng dengan Sodonghilir kini sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat, memberikan harapan baru bagi masyarakat setempat.

Sekretaris Desa Cibungur, Jajang Nurmansyah, mengungkapkan bahwa perbaikan tersebut telah mendapat perhatian dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tasikmalaya yang melakukan tinjauan ke lokasi.

"BPBD telah meninjau progres perbaikan jalan yang longsor pada bulan September lalu," jelasnya, Kamis (10/10/2024).

Jajang menambahkan bahwa pemerintah telah berupaya keras agar akses jalan dapat dilalui oleh semua jenis kendaraan. Progres pengerjaan telah mencapai 50 persen.“Sudah satu minggu sejak perbaikan dimulai, dan badan jalan kini telah diperlebar. Mobil kecil sudah bisa lewat, meskipun kendaraan besar seperti truk masih belum dapat melintas,” ujarnya.

Untuk memperkuat titik yang terdampak longsor sepanjang 15 meter, pemasangan bronjong sebagai pondasi telah dilakukan, memastikan stabilitas jalan ke depannya.

 

Topik Menarik