BBGP Jawa Tengah Gelar Saresehan, Perkuat P5 Melalui Gelaran Budaya

BBGP Jawa Tengah Gelar Saresehan, Perkuat P5 Melalui Gelaran Budaya

Terkini | karanganyar.inews.id | Jum'at, 30 Agustus 2024 - 22:40
share

KARANGANYAR, iNewskaranganyar. id - Balai Besar Guru Penggerak Provinsi (BBGP)Jawa Tengah menggelar saresehan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Gelar Merdeka BerbudayaBerbudaya di De Tjolomadu, Colomadu, Karanganyar, Jumat (30/8/2024).

Sarasehan P5 dalam Gelar Merdeka Berbudaya ini merupakan kegiatan kebudayaan pertama yang dilaksanakan oleh BBGP Provinsi Jawa Tengah sebagai Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

"Ini kegiatan pertama oleh BBGP Provinsi Jawa Tengah sebagai Unit Pelaksana Teknis Kemendikbudristek," Ungkap kepala BBGP Provinsi Jawa Tengah, Darmadi.

Diikuti lebih dari 1000 peserta yang berasal dari unsur Kepala Dinas Pendidikan se Provinsi Jawa Tengah, pendidik, hingga masyarakat umum yang ada di lingkungan BBGP Provinsi Jawa Tengah.

Mengangkat tema Pendidikan Seni dan Budaya dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Dimana gelaran ini merupakan salah satu upaya BBGP Provinsi Jawa Tengah untuk mengintegrasikan budaya lokal dalam sistem pendidikan.

"Agar siswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan yang modern tetapi juga memahami dan menghargai budaya mereka sendiri," papar Darmadi.

Acara yang digelar di pusat budaya Museum Pabrik Gula De Tjolomadoe, diawali dengan sarasehan yang melibatkan 200 peserta dari unsur guru dan tenaga kependidikan.

Peserta berasal dari berbagai sekolah di Solo Raya. Mengangkat tema pendidikan seni dan budaya dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasilam

"Peserta mendapatkan materi terkait Strategi Pengintegrasian Budaya dalam Proyek Pembelajaran," ujarnya.

Yang hadir guru kesenian dan guru bahasa Jawa yang dipertemukan juga dengan pelaku budaya lokal (pertunjukan wayang). Untuk diketahui wayang memang sudah mendunia, namun dari sisi walaupun wayang sdh sumber kelahirannya merupakan budaya lokal.

"Dengan pelaku pendidikan yang sama-sama punya tanggung jawab bersama untuk membangun karakter anak-anak kita sebagai generasi pembaharu," ujarnya.

Selain acara rembug budaya yang menjadi pelengkap gelaran Sarasehan P5 dalam Gelar Merdeka Berbudaya ini, nantinya juga ada penampilan tari Lengger Banyumasan.

Sedangkan puncak acara malam ini ada pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Warseno Slank dengan lakon Arjuna Wiwaha.

"Wayang kulit menjadi pagelaran yang dipilih sebagai wujud apresiasi sekaligus penguatan upaya BBGP Provinsi Jawa Tengah dalam mengintegrasikan Seni dan Budaya dalam sistem pembelajaran dalam pendidikan," terangnya. ***

Topik Menarik