Jokowi Sebut Negara Berkembang Perlu Visi Baru untuk Wujudkan Pembangunan

Jokowi Sebut Negara Berkembang Perlu Visi Baru untuk Wujudkan Pembangunan

Terkini | inews | Senin, 2 September 2024 - 09:28
share

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Sesi Joint Leaders’ Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak dan Forum Indonesia-Afrika ke-2, di Bali pada hari ini Senin (2/9/2024). Jokowi menyapa para peserta yang hadir acara tersebut.

"Selamat datang di Bali, Indonesia dan terima kasih atas kehadirannya di Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak dan Forum ke-2 Indonesia-Afrika," kata Jokowi dalam sambutannya.

Jokowi mengatakan saat ini semua pihak hendak menciptakan perubahan positif di tengah dunia yang penuh dengan tantangan. Tantangan itu terkait lambatnya ekonomi, tingkat pengangguran dan inflasi yang belum membaik serta ketegangan geopolitik yang menimbulkan banyak korban jiwa. 

"Namun yang sangat disayangkan, disaat seperti ini solidaritas internasional justru menurun, semangat multilateralisme semakin dikesampingkan dan fragmentasi semakin melebar," kata Jokowi.

Menurut dia, menurunnya solidaritas internasional membuat negara berkembang terkena dampak.

"Jutaan rakyat negara berkembang adalah yang paling merasakan kesulitan. Padahal hanya tersisa enam tahun menuju 2030 dan baru 17 target SDGs tercapai," sambungnya.

Lebih lanjut, kata Jokowi, perlu arah dan visi baru untuk mewujudkan pembangunan bagi negara-negara berkembang.

"Oleh sebab itu, kita memerlukan arah dan visi baru, kita memerlukan strategi baru, kita memerlukan langkah taktis baru untuk wujudkan pembangunan yang lebih adil dan inklusif bagi negara-negara berkembang," katanya.

Topik Menarik