Inggris Setop 30 Izin Ekspor Senjata ke Israel, 320 Izin Lainnya Masih Jalan Terus

Inggris Setop 30 Izin Ekspor Senjata ke Israel, 320 Izin Lainnya Masih Jalan Terus

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 05:51
share

LONDON, iNews.id - Inggris menangguhkan sekitar 30 izin untuk ekspor senjata ke Israel. Langkah itu diambil London di tengah kekhawatiran senjata mereka dapat disalahgunakan oleh Tel Aviv dalam pelanggaran hukum humaniter di Timur Tengah. 

"Dengan sangat menyesal saya sampaikan kepada DPR hari ini, penilaian yang saya terima membuat saya tidak dapat menyimpulkan apa pun selain bahwa untuk ekspor senjata Inggris tertentu ke Israel, memang ada risiko yang jelas bahwa senjata tersebut dapat digunakan untuk melakukan atau memfasilitasi pelanggaran serius terhadap hukum humaniter internasional," kata Menteri Luar Negeri Inggris, David Lammy, dalam pidatonya di Parlemen Inggris, Senin (2/9/2024). 

"Saya telah memberi tahu rekan saya yang terhormat, Menteri Perdagangan dan Bisnis (Jonathan Reynolds), dan oleh karena itu hari ini dia mengumumkan penangguhan sekitar 30 dari total sekitar 350 (izin ekspor senjata) ke Israel," ujarnya. 

Pada Mei lalu, mantan Menteri Luar Negeri Inggris David Cameron mengatakan bahwa negaranya tidak berencana menghentikan pasokan senjata ke Israel. Sementara itu, anggota Parlemen Inggris dari Partai Buruh, Fabian Hamilton mengatakan, London akan menghentikan penjualan senjata ke Israel dan Arab Saudi, jika partainya memenangkan pemilihan umum. 

Pada 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan Operasi Banjir al-Aqsa. Israel pun menjadi sasaran serangan roket besar-besaran yang belum pernah terjadi sebelumnya.  

Para pejuang Hamas kemudian melepaskan tembakan ke sasaran militer dan sipil di Israel Selatan dan menangkap lebih dari 250 tawanan. Israel memperkirakan 1.200 orangnya tewas pada hari itu. 

Sejak itu, Israel terus menggempur Jalur Gaza, menyebabkan lebih dari 40.000 warga Palestina gugur. Kebanyakan dari mereka yang terbunuh itu adalah perempuan dan anak-anak.

Topik Menarik