BPS Catat Harga Gabah di Tingkat Petani hingga Penggilingan Turun

BPS Catat Harga Gabah di Tingkat Petani hingga Penggilingan Turun

Terkini | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 08:33
share

JAKARTA Badan Pusat Statistik ( BPS ) justru melaporkan adanya penurunan rata-rata harga gabah pada Agustus 2024 sebesar 0,07 (Month to Month/MoM) di tengah musim kemarau yang sering menyebabkan penurunan produksi dan kenaikan harga gabah serta beras.

Anomali ini bertolak belakang dengan pola biasanya, terutama karena tahun ini Indonesia menghadapi El Nino yang cukup ganas, menyebabkan kemarau panjang.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, menjelaskan bahwa harga gabah kering panen (GKP) di tingkat petani pada Agustus 2024 turun sebesar 1,15 persen secara bulanan (MoM), sementara harga beras premium di penggilingan turun 1,19 persen.

Selama Agustus 2024, rata-rata harga GKP di tingkat petani mencapai Rp6.422,00 per kg, turun 1,15 persen. Di tingkat penggilingan, harga mencapai Rp6.566,00 per kg, turun 0,97 persen dibandingkan bulan sebelumnya, ujar Pudji dalam rilis resmi BPS, Senin, 2 September 2024.

Pudji juga menambahkan bahwa penurunan harga beras terjadi di seluruh Indonesia, mencakup berbagai jenis kualitas, baik medium maupun premium. Harga yang kami sampaikan di sini merupakan harga rata-rata beras dari berbagai kualitas dan mencakup seluruh wilayah di Indonesia, jelasnya.

Topik Menarik