Pengamanan Bandara Soetta Diperketat jelang Kedatangan Paus Fransiskus, 700 Personel Diterjunkan

Pengamanan Bandara Soetta Diperketat jelang Kedatangan Paus Fransiskus, 700 Personel Diterjunkan

Terkini | inews | Selasa, 3 September 2024 - 11:15
share

BANTEN, iNews.id - Pengamanan Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten diperketat menjelang kedatangan Paus Fransiskus di Indonesia hari ini, Selasa (3/9/2024). Sebanyak 700 personel gabungan dari TNI, Polri, dan Aviation Security pun diterjunkan dalam tiga lapis ring.

Sebagai persiapan, Polresta Bandara pun menggelar apel gabungan Tribrata Jaya di Lapangan Mapolresta bersama TNI, Polri, dan Aviation Security. Apel ini bertujuan untuk memastikan semua prosedur pengamanan berjalan dengan baik saat Paus Fransiskus tiba di RI.

Menurut Kombes Pol Roberto GM Pasaribu, Kapolresta Bandara Soekarno-Hatta, pengamanan dibagi dalam tiga ring. Ring Satu terdiri dari unsur Paspampres, Ring Dua dari unsur TNI, dan Ring Tiga dijaga oleh Polri bersama Aviation Security. Pengamanan berlapis ini memungkinkan respons cepat jika terjadi insiden keamanan.

Adapun rincian personel yakni, Polda Metro Jaya, termasuk Satuan Gegana dan Samapta, sebanyak 140 personel, ditambah 150 personel tetap dari Polresta Bandara. Ada dua kegiatan kenegaraan yang mendapatkan pengamanan di Bandara Soekarno-Hatta, yaitu kedatangan Paus Fransiskus dan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak atau International Sustainability Forum.

Total, lebih dari 700 personil terlibat dalam pengamanan berlapis di Bandara Soekarno-Hatta. Langkah ini dilakukan untuk memastikan kelancaran dua acara kenegaraan yang penting.

Topik Menarik