Toyota Innova Zenix yang Ditumpangi Paus Fransiskus Antipeluru?

Toyota Innova Zenix yang Ditumpangi Paus Fransiskus Antipeluru?

Terkini | okezone | Selasa, 3 September 2024 - 17:19
share

JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Sedunia sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, menggunakan mobil Toyota Kijang Innova Zenix selama kunjungannya ke ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Apakah mobil Innova Zenix yang ditumpangi Paus Fransiskus antipeluru?

Umumnya, mobil yang ditumpangi tamu VVIP dibekali standar keamanan tinggi demi keselamatan. Mobil biasanya antipeluru.

Terkait hal ini, Director Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmy, enggan membeberkan. Itu karena hal tersebut diatur oleh pihak protokoler.

"Keputusan dari pemerintah ya/ protokoler. Ini semua pengaturan dari protokoler," ujar Anton Jimmy katanya kepada Okezone , Selasa (3/9/2024).

Ia bangga jika Innova Zenix hybrid digunakan Paus Fransiskus saat kunjungannya ke Indonesia. Ia menyebut itu karena mobil tersebut dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan.

"Tentu kami sangat menghargai keputusan Paus Fransiskus menggunakan Toyota Kijang Innova Zenix. Hal ini menunjukkan bahwa Toyota Kijang Innova Zenix dapat diandalkan untuk berbagai kebutuhan," katanya.

Terlebih, ia menyebut, Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil produksi lokal dengan TKDN lebih dari 80. Ini menjadi kebanggaan tersendiri mobil tersebut digunakan Paus Fransiskus untuk mobilisasi selama berada di Indonesia.

"Terlebih lagi Toyota Kijang Innova Zenix merupakan mobil produksi lokal dengan TKDN lebih dari 80, ini menjadi rasa bangga tersendiri baik bagi kami maupun warga Indonesia karena mobil produksi Indonesia dapat digunakan oleh beliau untuk keperluan mobilitas saat berkunjung ke Indonesia," ujarnya.

Di sisi lain, Anton Jimmy berharap kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia dapat membawa pesan perdamaian. Ia juga berharap kehadiran Paus Fransiskusi diterima dengan baik seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami berharap kunjungan beliau ke Indonesia untuk membawa pesan perdamaian dapat diterima dan disambut dengan baik oleh seluruh masyarakat Indonesia," tuturnya.

Diketahui, secara spesifikasi, Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dibekali mesin M20A-FXS berkapasitas 2.0-liter. Mesin mobil ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 149 hp pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 187 Nm di putaran 4.400 5.200 rpm.

Dari segi dimensi, Innova Zenix memiliki panjang 4.755 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.795 mm, serta jarak sumbu roda 2.850 mm. Dari sisi eksterior, mobil ini mengusung platform TNGA (Toyota New Global Architecture) atau lebih tepatnya TNGA: GA-C dengan struktur monokok.

Dari sisi interior, konfigurasi kabin mobil ini memiliki ruang kabin yang luas, Innova Zenix dapat mengangkut hingga 7 penumpang dewasa. Fitur kenyamanan, selain panoramic sunroof, Innova Zenix juga sudah disematkan fitur lain yang bisa memberi kenyamanan pada pengemudi dan para penumpang ketika berkendara.

Untuk harganya, Toyota Innova Zenix hybrid dibanderol Rp477,6 juta. Harga tersebut berstatus on the road (OTR) Jakarta, Bekasi, Banten. Sementarfa Toyota Innova Zenix versi bensinnya harganya lebih murah. Innova Zenix tipe G dibanderol Rp430,4 juta dan tipe V dihargai Rp476,2 juta.

Sementara itu, Innova Zenix hybrid merupakan mobil terlaris di segmennya. Mobil ini kerap berada di posisi teratas penjualan mobil hybrid tiap bulannya.

Toyota Innova Zenix hybrid menjadi mobil hybrid terlaris pada Juli 2024. Sebanyak 2.906 unit Toyota Innova Zenix hybrid laku terjual pada periode tersebut.

Topik Menarik