5 Berita Populer: Silfester Emosi ke Rocky Gerung hingga Imbauan Running Text Azan Magrib

5 Berita Populer: Silfester Emosi ke Rocky Gerung hingga Imbauan Running Text Azan Magrib

Terkini | inews | Kamis, 5 September 2024 - 05:08
share

JAKARTA, iNews.id – Relawan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Silfester Matutina yang emosi kepada Rocky Gerung menjadi salah satu berita terpopuler iNews.id pada Rabu (4/9/2024). Momen itu terjadi saat keduanya menjadi narasumber pada program Rakyat Bersuara di iNews.

Berita populer lainnya yakni Kemenag mengeluarkan surat imbauan soal penayangan azan Magrib secara running text di TV saat Misa Agung Paus Fransiskus di GBK. Berikut rangkuman berita populer iNews.id, Rabu (4/9/2024):

1. Cara Pinjam Uang di DANA dengan Mudah dan Cepat

Cara pinjam uang di DANA dibahas pada artikel ini. Dompet digital menjadi salah satu aplikasi yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang. 

Tak hanya memanfaatkan fitur bayar online, DANA juga menawarkan fasilitas pinjam uang. Tetapi tentunya ada persyaratan yang harus dipenuhi. 

Berikut cara pinjam uang di DANA:

  • Cara pinjam uang di aplikasi DANA
  • Cara pinjam uang di DANA ke rekening bank
  • Cara pinjam uang di DANA tanpa KTP
  • Cara pinjam uang di DANA via Shopee Paylater
  • Cara pinjam uang di DANA via Bukalapak
  • Cara pinjam uang di DANA via Julo

2. Tradisi Rebo Wekasan Menurut Islam

Tradisi Rebo Wekasan menurut Islam penting diketahui. Rabu Wekasan jatuh pada Rabu (4/9/2024). 

Di kalangan masyarakat Jawa, Bulan Safar kerap dikaitkan dengan mitos bulan sial dan bencana. Oleh karena itu, sebagian masyarakat Nusantara khususnya di Jawa melakukan ritual di Rebo Wekasan untuk menolak bencana yang dipercaya turun di hari tersebut. 

Melansir Jurnal Theologia IAIN Kudus, bulan Safar tidak berbeda dengan bulan lainnya. Menurut KH Abdul Hamid Kudus, bulan Safar mempunyai kekhasan tersendiri sebagaimana yang ia tulis dalam kitabnya Kanz al-Najāḥ wa al-Surūr. 

Umat Muslim harus yakin bahwa semua yang terjadi pada Rabu Wekasan apa itu baik atau buruk adalah takdir Allah. 

3. Keras! Rocky Gerung Singgung Penjilat, Silfester Emosi hingga Keluar Kata Kasar

Rakyat Bersuara hadir dengan tema Banyak Drama Jelang Pilkada, Kenapa?. Beberapa narasumber seperti Geisz Chalifah (Relawan Anies Baswedan), Silfester Matutina (Ketum Solidaritas Merah Putih), Chico Hakim (Juru Bicara PDI Perjuangan), Immanuel Ebenezer (Ketum Prabowo dan Jokowi Mania), Rocky Gerung (Akademisi) turut hadir.

Pada program itu, akademisi Rocky Gerung menyindir kebanyakan orang menuju kesuksesan bukan dengan kerja keras, tetapi lewat menjilat. Mendengar pernyataan tersebut, Silfester terpancing emosi dan menyerang Rocky secara personal. Silfester pun sempat menghampiri Rocky dan mengucapkan kata-kata kasar.

4. Ketika Rocky Gerung Bicara Penjilat, Relawan Jokowi Emosi

Akademisi Rocky Gerung menyinggung pihak yang harus menjadi penjilat untuk meraih kesuksesan. Hal tersebut disampaikannya usai membahas tentang cawe-cawe Presiden Joko Widodo. 

Mendengar hal tersebut, Silfester yang menjadi narasumber merasa tersinggung. Silfester pun menyerang Rocky. 

Balik melawan, Rocky tidak menyebutkan nama sosok penjilat. Dirinya justru mengutarakan respons Silfeter memperlihatkan penjilat. 

Silfester pun kembali berdebat dengan Rocky yang tidak berguna bagi Indonesia. 

5. Surat Kemenag ke Kominfo: Minta Azan Magrib Ditampilkan lewat Running Text saat Misa Paus

Stasiun televisi nasional diminta menyiarkan azan Magrib dalam bentuk running text ketika Misa Agung Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024). Hal tersebut sesuai Surat Edaran (SE) perihal Permohonan Penyiaran Azan Magrib dan Misa Bersama Paus Fransiskus kepada para Direktur Utama Lembaga Penyiaran serta Ketua Asosiasi dan Persatuan Lembaga Penyiaran. 

Sementara surat dari Kemenag pun berisi permintaan serupa. Kemenag menyarankan Misa yang dipimpin Paus Fransiskus pada pukul 17.00-19.00 disiarkan secara langsung dengan tidak terputus.

Topik Menarik