YouTuber Sukses Bikin iPhone 15 Pro Max Setinggi 2 Meter, Berfungsi seperti Ponsel Biasa

YouTuber Sukses Bikin iPhone 15 Pro Max Setinggi 2 Meter, Berfungsi seperti Ponsel Biasa

Terkini | inews | Sabtu, 7 September 2024 - 14:45
share

JAKARTA, iNews.id - Membangun satu smartphone dari awal bukan pekerjaan yang mudah. Namun, seorang YouTuber justru membuat smartphone raksasa, ukurannya 100 kali lebih besar dari biasanya.

YouTuber Matthew Perkins (DIY Perks) dan Arun Maini (MrWhoseTheBoss) melakukan hal yang sama. Mereka membuat replika iPhone 15 Pro Max dapat berfungsi dengan baik.

Proyek iPhone 15 Pro Max raksasa kini sudah selesai. Ponsel mempunyai tinggi 6,74 kaki atau sekitar 2 meter dan beratnya 440 pounds, sehingga YouTuber ini memperoleh Guinness World Record.

Perkins memulai pembuatan iPhone 15 Pro Max raksasa dengan layar, proyek besar yang mengharuskan mengubah TV OLED LG Signature 88 inci menjadi layar sentuh yang responsif. Dia menugaskan produsen membuat sepotong lapisan sentuh seukuran layar, yang ditempelkan di tempatnya dengan lem epoksi UV yang bening secara optik.

Tantangan berikutnya menemukan cara untuk memasukkan komponen ponsel yang berukuran besar ke dalam bingkai: speaker, susunan kamera tiga lensa, tombol volume dan daya, serta tombol fungsi khusus. Dia membuat bingkai dari aluminium dengan penyangga berbentuk salib di bagian tengah, sebagaimana dikutip dari Engadget, Sabtu (7/9/2024).

Kamera-kamera tersebut khususnya tidak murah, karena Perkins memilih menggunakan Canon EOS R5 dan Sony RX10 Mark 4 untuk meniru lensa telefoto iPhone 15 Pro Max. Bingkai tersebut juga dirancang dipasang secara permanen pada dudukan ponsel dengan skala yang sama sehingga dapat diputar tanpa menyebabkan hernia besar pada pengguna.

Satu-satunya komponen utama yang tidak dapat mereka buat ulang adalah sistem operasinya karena iOS Apple bersifat sumber tertutup. Namun, penggunaan Android memiliki dua keuntungan utama yakni Bliss OS, menciptakan kembali nuansa layar beranda iPhone menggunakan tampilan bertema, dan mereka dapat memasang Flappy Bird.

Ponsel ini mungkin besar, tapi fungsinya sama dengan iPhone biasanya. Maini dan sekelompok teman membawa ponsel ini ke dunia nyata untuk mengujinya, dan tampaknya ponsel ini dapat melakukan pembelian dengan metode tap-to-pay, mengirim email, dan melakukan panggilan video.

Topik Menarik