Ketua DPR Nilai Atlet RI Raih 14 Medali di Paralimpiade Paris Jadi Kado Istimewa Haornas 2024

Ketua DPR Nilai Atlet RI Raih 14 Medali di Paralimpiade Paris Jadi Kado Istimewa Haornas 2024

Terkini | inews | Senin, 9 September 2024 - 18:47
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan rasa bangganya atas keberhasilan kontingen Indonesia di Paralimpiade Paris 2024 yang menjadi kado peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) hari ini Senin (9/9/2024). Puan juga menyambut perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut yang dibuka malam ini bertepatan dengan Haornas 2024.

"Alhamdullilah, kado istimewa di Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2024 yang jatuh tepat hari ini. Sebanyak 14 medali dipersembahkan tim Merah Putih di Paralimpiade Paris 2024 adalah rekor medali terbanyak yang diraih tim Indonesia sepanjang ikut serta dalam Paralimpiade, kata Puan, Senin (9/9).

Puan menyatakan, banyaknya medali yang dibawa pulang atlet-atlet berprestasi Tanah Air merupakan kebangaan untuk seluruh rakyat Indonesia. Ia juga menyebut, prestasi yang ditorehkan kontingen Indonesia di kompetisi atlet difabel dunia itu merupakan buah dari kerja keras dan gotong royong semua pihak, termasuk para pelatih dan tim official lainnya.

Bukti bahwa kerja keras dan pengorbanan mampu mengalahkan segala tantangan yang ada di depan! ungkap Puan.

Indonesia menduduki peringkat ke-50 di hasil akhir klasmen pada Paralimpiade Paris 2024 dengan berhasil membawa pulang medali satu emas, delapan perak dan lima perunggu. Medali emas tunggal Paralimpiade Paris 2024 dipersembahkan oleh cabang olahraga (cabor) badminton nomor ganda campuran, yakni Hikmat Ramdani/Leani Ratri Oktila.

Sementara, medali perak dipersembahkan oleh cabor Boccia nomor tunggal putra dan beregu campuran, atletik nomor 100 meter putra dan putri, badminton nomor tunggal putra, badminton nomor tunggal putri SL3 dan SL4, dan badminton nomor ganda campuran.

Medali perunggu berhasil diraih oleh cabor boccia nomor tunggal putra dan putri, badminton nomor tunggal putra, badminton tunggal putra SU4, dan badminton ganda campuran SH6. Puan kembali mengapresiasi perjuangan kontingen Indonesia di Paralimpiade Paris 2024.

"Sekali lagi terima kasih tim Paralimpiade. Indonesia Bangga! tutur perempuan pertama yang menjabat sebagai Ketua DPR RI itu.

Bertepatan dengan Haornas 2024, Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatera Utara (Sumut) juga akan segera dimulai yang pembukaannya digelar malam nanti di Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh.

Puan pun menyambut sukacita pesta olahraga nasional yang akan digelar pada 9-20 September 2024 itu. PON XXI mempertandingkan 65 cabang olahraga yang melibatkan hampir 13.000 atlet, di mana beberapa cabang olahraga sudah dimulai lebih dulu sebelum pembukaan.

PON merupakan ajang unjuk gigi bagi para atlet. Saya yakin, PON akan mencetak banyak atlet-atlet berprestasi yang nantinya akan menjadi wakil-wakil Indonesia di berbagai kejuaraan dunia, katanya.

Topik Menarik