JK Wanti-Wanti Prabowo, Jangan Pilih Menteri yang Tak Kuasai Bidangnya

JK Wanti-Wanti Prabowo, Jangan Pilih Menteri yang Tak Kuasai Bidangnya

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 10:36
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) mewanti-wanti Presiden Terpilih Prabowo Subianto agar memilih menteri yang latar belakangnya sesuai dengan tugasnya. Jangan sampai ada menteri yang tidak menguasai bidangnya.

Menurutnya, akan ada kerugian besar bila menteri tak ahli dalam bidangnya.

"Ya semuanya harus menguasai bidangnya. Jangan terjadi nanti menteri tidak menguasai bidangnya, wah sangat merugikan," kata JK di kediamannya di Jakarta Selatan, dikutip Selasa (10/9/2024).

JK menyarankan Prabowo mengisi kabinetnya dengan menteri-menteri dari kalangan profesional.

"Baik profesional dari partai dan profesional daripada yang independen," kata JK.

Sebelumnya, Partai Gerindra sudah mulai memanggil calon-calon menteri kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Namun, tidak disebutkan siapa saja menteri tersebut.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengungkapkan, para calon menteri itu ditanyai terkait cara menyelesaikan masalah yang akan dihadapi.

Sebagian diajak diskusi tentang bagaimana penyelesaian masalah dan problem yang dihadapi, bagaimana dia menghadapi sebaik-baiknya, kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Mengenai porsi orang partai dan non-partai di kabinet, menurutnya hal itu masih dibicarakan di koalisi pendukung Prabowo-Gibran. Dia hanya memastikan, Prabowo akan memilih orang-orang yang terbaik.

Topik Menarik