Elon Musk Sebut Amerika Serikat Bakal Bangkrut Sangat Cepat

Elon Musk Sebut Amerika Serikat Bakal Bangkrut Sangat Cepat

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 12:13
share

WASHINGTON DC, iNews.id - Pengusaha miliarder Elon Musk yakin bahwa Amerika Serikat akan bangkrut dalam waktu dekat. Hal tersebut dia kemukakan berdasarkan tren keuangan negeri Paman Sam.

"Amerika akan bangkrut dengan sangat cepat," kata Musk dalam sebuah diskusi di All-In Podcast pada Senin (9/9/2024) waktu AS.

Menurut pendiri Tesla dan SpaceX itu, pembayaran bunga atas utang nasional AS telah melampaui anggaran pertahanan negara tersebut. Dia pun mengungkapkan, Amerika Serikat berutang lebih dari 1 triliun dolar AS dalam setahun hanya dalam bentuk bunga.

Amerika Serikat berada dalam kondisi kelebihan pengeluaran kronis atas pendapatan selama hampir satu abad. Utang nasional negara itu pun kini sudah menembus 35 triliun dolar AS (lebih dari Rp540.850 triliun), menurut data Departemen Keuangan AS.

Amerika Serikat terakhir kali mengalami periode surplus yang panjang pada 1920 hingga 1930. Satu-satunya pemimpin AS setelah Perang Dunia II yang berhasil mencapai surplus anggaran adalah Harry Truman (1946-1950). Sementara surplus pengeluaran pemerintah terbesar terjadi di bawah pemerintahan Presiden Ronald Reagan, yakni mencapai sebesar 1,34 triliun dolar AS.

AS membiayai defisit anggaran yang sangat besar tersebut dari utang nasional, yang pada Juli untuk pertama kalinya melampaui angka 35 triliun dolar AS, dan hanya dalam waktu dua minggu bertambah sebesar 160 miliar dolar AS lagi.

Topik Menarik