Dorong PAD, BI Jateng Gelar Program Parkir Murah Rp53 Pakai QRIS di Semarang

Dorong PAD, BI Jateng Gelar Program Parkir Murah Rp53 Pakai QRIS di Semarang

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 20:15
share

SEMARANG, iNews.id – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jateng akan menggelar program parkir murah hanya Rp53 di Kota Semarang. Program itu bernama ParQRIS, yakni pembayaran parkir menggunakan QRIS.

BI bekerja sama dengan Dinas Perhubungan Kota Semarang. Program digelar pada periode 17 September – 30 September 2024.

“Program ini ditujukan bagi 5.300 transaksi pertama sepanjang periode tersebut, insentif potongan biaya parkir,” ungkap Kepala Perwakilan BI Jateng Rahmat Dwisaputra, Selasa (10/9/2024).

Rahmat menuturkan, lebih dari 10 titik lokasi parker di Kota Semarang yang disasar dalam program ParQRIS. Di antaranya pusat perbelanjaan dan jalan protocol. BI dan Dishub Kota Semarang akan merangkul para juru parkir agar tidak terjadi hambatan berarti di lapangan.

“Diharapkan melalui program elektronifikasi tersebut dapat mendorong peningkatan pendapatan asli daerah, mengurangi biaya cash handling serta meningkatkan transparansi dan akuntabilitas transaksi pemerintah daerah,” kata Rahmat.  

Dia menuturkan, hingga Juli 2024, pengguna QRIS di Jateng mencapai 6,75juta pengguna atau mengalami pertumbuhan 54,89 persen year on year (yoy). Jumlah ini menempatkan Provinsi Jateng sebagai provinsi terbanyak ketiga di Indonesia yang menggunakan QRIS. 

Sedangkan volume transaksinya sebanyak 139.43juta kali yang mencatatkan Jateng sebagai provinsi terbanyak kelima transaksi QRIS. 

“Terbesar dari UMKM, usaha, mikro, kecil dan menengah. Semarang dan Solo terbanyak, karena salah satu destinasi wisata di Jateng,” kata Rahmat. 

Topik Menarik