RK-Suswono Yakin Program Dana RW Rp200 Juta Mampu Sejahterakan Warga Jakarta

RK-Suswono Yakin Program Dana RW Rp200 Juta Mampu Sejahterakan Warga Jakarta

Terkini | inews | Selasa, 10 September 2024 - 21:28
share

JAKARTA, iNews.id - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono meyakini program anggaran Rp100-Rp200 juta untuk rukun warga (RW) mampu menyejahterakan warga Jakarta. Program ini juga bisa berjalan efektif.

Juru Bicara Paslon RIDO, Fahlino Sjuib menyebut program tersebut sudah dikerjakan oleh Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil ketika masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

"Sewaktu di Bandung program ini terbukti sukses. Penyaluran dana langsung ke masyarakat ini sebagai bentuk kepercayaan bahwa masyarakat di tingkat lokal dapat menentukan sendiri prioritas kebutuhannya dan dapat menyelesaikan sendiri kebutuhannya. Karena masyarakat yang paling memahami apa yang dibutuhkan daerahnya," katanya kepada wartawan, Selasa (10/9/2024).

Inti dari pendekatan program ini, kata Fahlino, pemberdayaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam pembangunan. Karena ada partisipasi masyarakat maka akan hadir kontrol sosial terkait penggunaan dana tersebut.

"Program ini memiliki multiplier effect yang sangat positif bagi kehidupan warga. Kerukunan warga dapat menguat karena setiap warga dituntut berpartisipasi aktif dalam memanfaatkan dana untuk membiayai program pembangunan yang telah disepakati. Kesejahteraan warga juga bisa meningkat," katanya.

Namun, Fahlino mengungkap mekanisme operasional anggaran ke RW tak semua merata. Nantinya dilihat dari setiap wilayahnya.

"Tidak semua RW dapat alokasi yang sama. Nanti akan disesuaikan karena tiap RW memiliki penduduk dengan status sosial-ekonomi yang berbeda-beda," katanya.

Topik Menarik