Israel Siap Jamin Keamanan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, asal...

Israel Siap Jamin Keamanan Pemimpin Hamas Yahya Sinwar, asal...

Terkini | inews | Rabu, 11 September 2024 - 12:35
share

WASHINGTON, iNews.id - Utusan Israel untuk pembebasan sandera di Jalur Gaza, Gal Hirsch, menawarkan keamanan bagi pemimpin Hamas Yahya Sinwar. Syaratnya, Hamas membebaskan semua sandera Israel yang ditahan di Gaza saat ini.

Menurut Hirsch, jaminan keamanan itu tak hanya berlaku bagi Sinwar tapi juga keluarga serta orang-orang dekatnya. Sinwar juga bisa meninggalkan Jalur Gaza dengan aman.

"Saya siap memberi jalan yang aman bagi Sinwar, keluarga, siapa pun yang ingin bergabung dengannya," kata Hirsch, kepada Bloomberg, dikutip Selasa (11/9/2024).

"Kami ingin para sandera pulang. Kami ingin demiliterisasi, deradikalisasi, tentu saja, sebuah sistem baru yang akan mengelola Gaza," katanya, seperti dilaporkan kembali Al Jazeera.

Hirsch mengajukan tawaran tersebut awal pekan ini, meski belum ada tanggapan dari Hamas.

Sinwar merupakan pemimpin Hamas yang paling dicari Israel. Dia menggantikan posisi Almarhum Ismail Haniyeh sebagai kepala biro politik Hamas. Haniyeh dibunuh Israel di Teheran, Iran, pada 31 Juli lalu saat menghadiri pelantikan Presiden Masoud Pezeshkian.

Penunjukan Sinwar oleh Hamas sebagai pengganti Haniyeh sangat mengejutkan Israel. Pasalnya Sinwar mewakili kelompok garis keras di Hamas, berbeda dengan Haniyeh yang lebih bisa diajak bernegoisasi.

Sinwar diyakini memimpin Hamas dari terowongan di Gaza. Sebagai kepala biro politik, dia mengendalikan kesepakatan negosiasi gencatan senjata dengan Israel.

Topik Menarik