Harimau Sumatra Mati Terjerat Perangkap di Madina, Jadi Tontonan Warga

Harimau Sumatra Mati Terjerat Perangkap di Madina, Jadi Tontonan Warga

Terkini | inews | Rabu, 11 September 2024 - 15:57
share

MANDAILING NATAL, iNews.id - Seekor harimau betina ditemukan mati terjerat perangkap di areal perkebunan warga Desa Hutarimbaru, Kotanopan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatra Utara. Harimau sumatra ini kemudian digotong ker permukiman warga dan menjadi tontonan.

Kasi Wilayah V BKSDA Sumut Refdi Azmi mengatakan, kematian harimau Sumatra akibat perangkap yang dipasang warga sudah berulangkali terjadi di Madina. Kondisi ini mengundang rasa keprihatinan karena terjadi di tengah populasinya yang semakin langka.

"Yang mati harimau betina karena terjerat perangkap yang dipasang warga, namun belum diketahui perangkap babi atau atap," ujarnya, Rabu (11/9/2024).

Dugaan sementara, harimau ini turun ke lokasi perkebunan karena habitatnya semakin terusik atau mencari makanan. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi harimau sampai memasuki permukiman warga.

"Salah satu faktornya karena habitat mereka dalam hutan terganggu," katanya.

Menurutnya harimau yang mati masih berusia sekitar 2 tahun. Kondisinya mengalami luka parah di kaki akibat terjerat perangkap tajam. Seusai dievakuasi, satwa dilindungi ini akan diautopsi dokter hewan di Kantor BKSDA Wilayah V Sumut untuk mengetahui penyebab pasti kematiannya.

Topik Menarik