Dukung Palestina, Suporter Timnas Italia Balik Badan saat Lagu Kebangsaan Israel Diputar

Dukung Palestina, Suporter Timnas Italia Balik Badan saat Lagu Kebangsaan Israel Diputar

Terkini | inews | Rabu, 11 September 2024 - 18:25
share

BUDAPEST, iNews.id - Para pendukung tim nasional (timnas) sepak bola Italia berbalik badan saat lagu kebangsaan Israel diputar sebagai bentuk protes atas kekejaman Zionis di Palestina. Aksi protes itu dilakukan sebelum pertandingan UEFA Nations League antara timnas Italia melawan Israel yang berlangsung di Hongaria, Senin (9/9/2024).

Israel memilih Hongaria sebagai laga kandang mereka melawan Italia terkait perang yang sedang berlangsung melawan Hamas.

Bukan hanya itu, para suporter juga mengibarkan bendera Italia disertai tulisan 'Liberta' atau Kebebasan. Ada pula spanduk dengan garis miring hitam yang dipasang para suporter.

Perdana Menteri Hongaria Viktor Orbán memiliki hubungan dekat dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Dia juga menawarkan negaranya sebagai tuan rumah untuk Israel seraya menegaskan Hongaria adalah negara Eropa paling aman untuk Yahudi.

Orban juga melarang demonstrasi proPalestina dengan alasan bisa menjadi ancaman bagi keselamatan publik.

Laga Nations League timnas Israel vs Italia berlangsung di Stadion Bozsik Arena, Budapest, dengan kemenangan Italia atas Israel 2-1. Pertandingan sebelumnya pada Jumat pekan lalu, Israel juga menelan kekalahan dari Belgia dengan skor 0-3. 

Italia dijadwalkan menjadi tuan rumah bagi dalam laga kedua melawan Israel yakni di Udine pada 14 Oktober. Namun Dewan Kota Udine belum menyetujui pertandingan tersebut terkait alasan keamanan. Para aktivis pro-Palestina juga telah berencana menggelar demonstrasi besar-besaran di hari itu.

Topik Menarik