Jokowi sudah Siapkan Blueprint Transisi ke Pemerintahan Prabowo

Jokowi sudah Siapkan Blueprint Transisi ke Pemerintahan Prabowo

Terkini | inews | Sabtu, 14 September 2024 - 08:20
share

JAKARTA, iNews.id - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyiapkan kerangka atau rancangan (blueprint) terkait transisi pemerintahan ke Presiden Terpilih Prabowo Subianto. Hal itu ditekankan Jokowi dalam sidang kabinet paripurna terakhir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Jumat (13/9/2024) kemarin.

"Sudah disiapkan, termasuk blueprint untuk transisi pemerintahan dari pemerintahan Pak Jokowi ke pemerintahan Pak Prabowo Subianto," kata Pramono, dikutip Sabtu (14/9/2024).

Jokowi juga memberikan arahan kepada para menteri untuk mempersiapkan capaian keberhasilan selama 10 tahun pemerintahan.

"Dengan demikian, mudah-mudahan dalam waktu satu bulan ini semua capaian pemerintah bisa dikomunikasikan, bisa disampaikan kepada masyarakat secara luas," ujar Pramono.

Sebelumnya, dalam sidang kabinet terakhir, Jokowi mengapresiasi para menterinya yang telah bekerja menjalankan program dan visi misinya. Jokowi juga meminta maaf kepada para menteri jika ada yang kurang berkenan selama berinteraksi.

"Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya, untuk kerja keras dedikasi dari Bapak Ibu semuanya dalam menjalankan pemerintahan," ujar Jokowi.

Jokowi mengingatkan para menteri kabinetnya agar tidak membuat kebijakan ekstrem apalagi yang merugikan masyarakat di masa transisi pemerintahan.

"Jangan membuat kebijakan-kebijakan yang ekstrem terutama yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak, yang berpotensi merugikan masyarakat luas, yang berpotensi menimbulkan gejolak," kata Jokowi.

Jokowi menginstruksikan para menteri menjaga situasi agar tetap kondusif. Menurutnya, pemerintah membutuhkan stabilitas untuk melanjutkan pembangunan.

Topik Menarik