Innalillahi, Bus Bawa Rombongan Perayaan Maulid Tabrak Truk Tewaskan 36 Orang

Innalillahi, Bus Bawa Rombongan Perayaan Maulid Tabrak Truk Tewaskan 36 Orang

Terkini | inews | Selasa, 17 September 2024 - 20:06
share

NAIROBI, iNews.id - Sedikitnya 36 orang tewas dalam kecelakaan bus di Kenya, Minggu (15/9/2024). Bus tersebut membawa jemaah yang hendak merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Dikutip dari Anadolu, Selasa (17/9/2024), bus bertabrakan dengan truk yang melaju dari arah berlawanan di daerah Lere, Negara Bagian Kaduna.

Layanan darurat setempat menyatakan, sebagian besar korban dinyatakan telah meninggal dunia begitu tiba di rumah sakit. Bus mengangkut total 71 orang yakni anggota tarekat sufi Tijjaniyya. Sebagian besar penumpang bus adalah remaja.

Sementara itu beberapa korban luka dilarikan ke rumah sakit sekitar, namun kondisi mereka belum bisa dipastikan.

Data berbeda diungkap penyelenggara acara, 40 anggotanya tewas dan 31 lainnya luka dalam kecelakaan tersebut.

Kepala kantor dinas keselamatan jalan raya daerah FRSC Kabiru Nadabo mengatakan, kecelakaan terjadi setelah bus hilang kendali kemudian menabrak truk.
 
"Bus itu membawa 63 anak-anak dan pengemudi melaju dengan ugal-ugalan, begitu kehilangan kendali menabrak sebuah truk gandeng," kata Nadabo.

Dia menambahkan 15 penumpang meninggal di lokasi, sementara 48 lainnya dibawa ke berbagai rumah sakit. Sebanyak 10 di antaranya meninggal keesokan hari. Jumlah korban tewas bertambah menjadi 36 hingga Selasa karena banyak korban luka dalam kondisi kritis.

Anak-anak tersebut berasal dari Desa Kwandare hendak menuju Kota Saminaka untuk menghadiri perayaan Maulid.

Topik Menarik