Kapal Jaring Koli Karam di Selat Malaka, 3 Nelayan Selamat 3 Orang Tenggelam

Kapal Jaring Koli Karam di Selat Malaka, 3 Nelayan Selamat 3 Orang Tenggelam

Terkini | inews | Rabu, 18 September 2024 - 09:42
share

MEDAN, iNews.id - Kapal Motor (KM) Jaring Koli karam dihantam ombak di Selat Malaka, Langsa, Aceh. Tiga nelayan di kapal tersebut asal Seruwai, Aceh Taming dievakuasi selamat ke perairan Belawan, Kota Medan, Sumatra Utara, Rabu (18/9/2024).

Ketiganya yakni M Ali Usman (42), Hamdani (41) dan Azmi N (46). Mereka dievakuasi setelah kapal yang digunakan untuk mencari ikan karam akibat ganasnya gelombang di Selat Malaka.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Kelas A Medan Mustari mengatakan, ketiga nelayan itu sempat terombang-ambing di laut sejak Selasa (17/9/2024). Mereka berhasil selamat, sedangkan tiga rekannya ikut tenggelam bersama kapal.

"Ketiga korban pertama kali dievakuasi Kapal Tanker MT Torm Gloria yang sedang melintas di sekitar lokasi menuju Singapura," ujarnya, Rabu (18/9/2024).

Seorang kru MT Torm Gloria awalnya melihat sebuah benda berwarna kuning mengapung lalu memastikan menggunakan teropong. Ternyata yang dilihatnya tiga korban sedang berpegangan terombang-ambing di permukaan laut.

Selanjutnya nakhoda memutuskan untuk mengevakuasi ketiga korban dan langsung memberikan pertolongan pertama di atas kapal. Lalu nakhoda MT Torm Gloria menghubungi otoritas Indonesia untuk melaporkan peristiwa tersebut.

"Nakhoda Kapal MT Torm Gloria awalnya menghubungi Kantor Basarnas Pekanbaru untuk meminta intercept evakuasi korban," katanya.

Karena lokasinya masih dekat dengan Basarnas Medan sehingga diputuskan Kantor Basarnas Medan yang akan melakukan intercept mengevakuasi ketiga korban.

"Kami memerintahkan Nakhoda Kapal SAR RB 203 yang siaga di Belawan untuk berkoordinasi dengan Kapal MT Torm Gloria guna menentukan koordinat intercept korban," ucapnya.

Selanjutnya tim mengevakuasi ketiga korban dari Kapal MT Torm Gloria ke Kapal SAR RB 203 dan tiba di Dermaga Pelabuhan Belawan pukul 02.30 WIB. Kemudian ketiga korban diserahkan kepada pihak Kesehatan Pelabuhan Belawan dan Imigrasi Belawan guna proses lebih lanjut. Kondisi mereka selamat namun seorang korban mengalami demam.

"Saat ini ketiga korban telah ditangani pihak yang berwenang," ucapnya.

Data korban KM Jaring Koli yang Selamat:

1. M Ali Usman (42) warga Seruwai Aceh Tamiang (Sehat)
2. Hamdani (41) warga Seruwai Aceh Tamiang (Demam)
3. Azmi N (46) warga Seruwai Aceh Tamiang (Sehat)

Topik Menarik