Aktivitas Masyarakat Kertasari Belum Normal Usai Diguncang Gempa, Sekolah Diliburkan

Aktivitas Masyarakat Kertasari Belum Normal Usai Diguncang Gempa, Sekolah Diliburkan

Terkini | inews | Kamis, 19 September 2024 - 13:35
share

BANDUNG, iNews.id- Sehari setelah diguncang gempa berkekuatan magnitudo 5, aktivitas masyarakat di Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat belum kembali normal, Kamis (19/9/2024). Kerusakan sejumlah fasilitas umum, termasuk sekolah dasar (SD) dan puskesmas, membuat aktivitas terhenti, termasuk siswa sementara diliburkan.

Salah satunya, bangunan SD Negeri Lebaksari, Kecamatan Kertasari rusak parah. Puing-puing bangunan tembok dan atap masih berserakan, sementara beberapa bagian dinding tembok jebol. 

Bahkan, beberapa ruangan kelas miring dan tidak layak digunakan. Akibat kerusakan tersebut, pihak sekolah meliburkan seluruh siswa dari kegiatan belajar mengajar. 

"Merubuhkan lima kelas rusak berat kemudian kemudian tiga kelas rusak ringan. Pada waktu kejadian siswa sedang istirahat di luar, tidak ada korban jiwa. Mereka (siswa) panik dan trauma jadi untuk hari ini belum bisa belaja di sekolah. Mereka dikasih tugas saja di rumah," ujar Kepala SDN Lebaksari Nia Sutarsih, Kamis (19/9/2024).

Meski tidak sepenuhnya normal karena sebagian siswa dan orang tua masih trauma, pihak sekolah memberlakukan belajar daring untuk sebagian siswa. Namun, hal ini terkendala karena sebagian besar warga mengungsi di tenda atau di luar ruangan.

Selain sekolah, sejumlah bangunan fasilitas umum seperti puskesmas, kantor kecamatan dan kantor urusan agama juga mengalami kerusakan. Layanan kesehatan dan layanan umum bagi masyarakat untuk sementara terhenti. 

Puskesmas saat ini dijadikan salah satu posko bagi layanan kesehatan korban terdampak bencana gempa.

Topik Menarik